Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebek Super Cub Listrik di GIIAS 2022, DIjual Rp 34,9 Juta

Kompas.com - 18/08/2022, 14:30 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Geliat sepeda motor listrik semakin gencar di Indonesia. Penetrasinya dapat dilihat di sejumlah pameran otomotif, termasuk di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Segmentasinya makin beragam, mulai skutik, motor sport dan juga motor bebek. Salah satu pabrikan yang menawarkan motor bebek listrik ialah SM Sport dengan seri E-Classic yang mirip Honda Super Cub C125.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Bila Mobil Isi Bensin Eceran?

Meski desain E-Classic bisa dibilang mengikuti Super Cub, motor ini selangkah lebih maju. Motor bertenaga listrik ini sudah hadir dan mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun lalu.

Geliat sepeda motor listrik semakin gencar di Indonesia. KOMPAS.com/Gilang Geliat sepeda motor listrik semakin gencar di Indonesia.

Dari desainnya, masih sama seperti versi mesin bensin. E-Classic juga mempertahankan komponen motor jadul, seperti rem tromol depan dan belakang, serta pelek jari-jari.

Pada bagian speedometer masih paduan analog dan digital. Selain itu, pabrikan tetap menggunakan anak kunci, belum keyless seperti motor listrik lainnya.

Sistem pencahayaan sudah mengadopsi teknologi LED, baik pada lampu depan, lampu sein, dan lampu belakang. Pada bagian sisi kiri tebeng depan, SM Sport juga menyematkan USB port untuk mengecas ponsel.

Di sektor mesin, E-Classic dibekali dengan motor listrik 1.500 W dengan model hub motor. Catu daya alias baterai model Lead Acid dengan spesifikasi 60V 27 Ah.

Baca juga: Keuntungan Bayar Pajak Kendaraan di Booth Samsat Selama GIIAS 2022

SM Sport SM Classic di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021KOMPAS.com/Gilang SM Sport SM Classic di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021

Untuk mengisi baterai sampai penuh, tidak sampai 8 jam. Tapi baterai itu tidak bisa dilepas. Jadi untuk pengecasan harus langsung dicolok ke motor.

Dalam kondisi baterai penuh, motor ini bisa menjangkau jarak hingga 120 km. Sedangkan kecepatan tertinggi diklaim mencapai 50 km/jam.

Di GIIAS 2022 motor ini dibanderol Rp 34.900.000. Konsumen yang tertarik bisa membeli dengan cara kredit lewat lembaga pembiayaan Adira Finance. Tenornya dari 11 bulan, 17 bulan , 23 bulan, 29 bulan dan 35 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com