Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Mobil Listrik Meningkat Terus di Indonesia

Kompas.com - 30/07/2022, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan pembiayaan rekanan resmi Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, Mandiri Tunas Finance (MTF), melaporkan capaian kredit dari sektor mobil listrik.

Andre Tigor, Mandiri Liaison Division Head MTF, mengatakan, sejumlah strategi dilakukan pihaknya dalam mendukung perkembangan mobil listrik di Indonesia.

“Kita pengin masyarakat itu gampang kalau kredit mobil listrik,” ujar Andre, dalam seminar PEVS di Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Alasan Konsumen Indonesia Masih Ragu Pakai Mobil Listrik

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

“Kami jadi leasing partner di acara ini (PEVS). Karena kami ingin kontiunitas pembiayaan di mobil listrik itu gongnya bisa jalan secara signifikan,” kata dia.

Strategi tersebut di antaranya dengan memberikan penawaran Down Payment yang menarik dan tenor yang panjang.

Kemudian juga memberikan asuransi yang bisa membiayai apabila terjadi kecelakaan pada mobil listrik.

Baca juga: Intip Spesifikasi Blade KU, Mobil Listrik Paling Murah di PEVS 2022

Menurutnya pada tahun 2021, ketika Gaikindo mencatat wholesales sebanyak 887.202 unit. Angka penjualan mobil listrik sebanyak 3.193 unit, dan MTF bisa memberikan kredit ke 77 unit mobil listrik atau sekitar 2 persen dari total penjualan.

Sementara sampai dengan semester II/2022, MTF sudah bisa memberikan kredit ke 109 unit konsumen mobil listrik, atau sekitar 6 persen dari keseluruhan.

Tercatat penjualan mobil listrik pada periode tersebut mencapai 1.737 unit, dengan wholesales sebanyak 475.321 unit.

Baca juga: Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)KOMPAS.com/Ruly Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)

“Tahun 2021 memang masih kecil secara unit. Tapi di semester pertama, kami sudah 109 unit. Karena tadi produk maupun pra-sarananya kami siapkan,” ucap Andre.

“Di tahun 2023, kami akan lebih optimal lagi. Ini gambaran untuk rencana kami ke depannya untuk mobil listrik,” lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com