Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keeway Sebut Motor Listriknya Paling Cocok untuk Jasa Pengiriman

Kompas.com - 26/07/2022, 11:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru, yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi, di pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung pada 22-31 Juli 2022.

Meski masih tes pasar, CEO PT Benelli Anugerah Motor Pusaka, pemegang merek Benelli dan Keeway, Steven Kentjana Putra, mengatakan, pihaknya yakin kedua produknya bisa diserap baik oleh pasar.

Baca juga: Waspada Macet, Ada 11 Titik Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi

Steven mengatakan, keunggulan Citi Ezi dan Mini Ezi ialah pada desain dan dimensi yang tidak terlalu kecil. Karena itu pihaknya mengincar penjualan bussiness to bussiness atau B2B sebagai armada pengiriman.

Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.KOMPAS.com/Gilang Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.

"Ada. Saya didorong sama teman-teman, ini yang dimensinya paling tepat buat delivery, ban dan dimensinya tidak kecil. Kita jajakin dulu, kalau kita bisa kolaborasi bakal makin banyak motor listrik di jalan," kata Steven yang ditemui di JIExpo, Jumat (22/7/2022).

Steven yakin ke depan pasar motor listrik terbuka luas. Sebab perbandingan jumlah antara motor listrik dengan motor bensin saat ini masih kecil. Adapun yang harus dilakukan sekarang ialah membuat masyarakat mau beralih ke motor listrik.

"Karena kemarin data saya ikut seminar di Kemenperin, AISI bilang pak Hari Budianto (Sekjen AISI) bilang, Januari sampai Juni motor listrik baru 6.000 (unit) nasional, itu sangat kecil sekali dibandingkan ICE (Internal Combustion Engine) itu 0,000 berapa persen," kata dia.

Baca juga: Kendaraan Listrik Jadi Solusi Masalah BBM

Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.KOMPAS.com/Gilang Keeway memperkenalkan dua sepeda motor listrik baru yaitu Keeway Citi Ezi dan Mini Ezi.

"Jumlah 6.000 itu yang resmi berdasarkan SURT, yang ada pelat. Indonesia loh seluruh nasional, ya yang paling besar itu mereka yang B2B seperti Grab dan Gojek," kata Steven.

Sekilas mengenai Citi Ezi dan Mini Ezi merupakan produk ketiga motor listrik Keeway yang diperkenalkan di Indonesia. Sebelumnya pada Oktober 2020 Keeway sudah membawa E-Zi Plus untuk diperkenalkan ke publik tapi belum dijual untuk umum.

Baca juga: Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Keeway E-Zi PlusFoto: Istimewa Keeway E-Zi Plus

Tampilan antara City Ezi dan Mini Ezi serupa yaitu skuter listrik untuk keperluan komuter. Bentuknya ramping dan ringkas, secara keseluruhan tampilannya menyiratkan motor pekerja keras.

Citi Ezi dan Mini Ezi pertama kali diperkenalkan di EICMA 2021. Saat ini keduanya sudah dijual di Jepang dan India. Perbedaan antara dua motor ini ialah dimensi, fungsi dan sumber daya.

Meski baru diperkenalkan Steven memberi ancang-ancang harga jika nantinya dijual. Citi Ezi dibanderol di bawah Rp 40 juta sedangkan Mini Ezi dibanderol di bawah Rp 20 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com