Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Rins Resmi Gabung Tim Satelit LCR Honda Kontrak 2 Tahun

Kompas.com - 20/07/2022, 09:42 WIB
Agung Kurniawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa depan pebalap MotoGP Alex Rins akhirnya terjawab. Pebalap berusia 26 tahun ini akhirnya menandatangani kontrak dengan tim satelit LCR Honda Castrol selama dua tahun ke depan.

Karir balap Rins sempat terancam karena tim MotoGP Suzuki Ecastar mengumumkan resmi mundur dari kejuaraan mulai musim depan. Artinya, tahun ini menjadi seri terakhir Rins balapan untuk tim Suzuki.

“Saya sangat senang bergabung dengan tim LCR Honda. Mengganti tim dan motor merupakan tantangan tapi saya siap untuk memberikan 100 persen dalam latihan dan memberikan semuanya yang pernah saya pelajari bertahun-tahun di MotoGP,” ucap Rins, dalam keterangan resmi Honda, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Pindah ke LCR Honda, Alex Rins Ingin Bawa Kru dari Suzuki

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Rins juga otomatis menggantikan pebalap sebelumnya, Alex Marquez yakni adik kandung dari Marc Marquez. Alex memilih pindah ke tim satelit Ducati Gresini Racing Team untuk musim yang sama.

Rins mengatakan, kepercayaan yang diberikan Lucio Cecchinello, prinsipal sekaligus CEO LCR Honda, sangat kursial bagi karir balapan di level tertinggi. Keputusan bergabung dengan tim satelit ini, kata Rins, tetap menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya.

“Saya mau mengucapkan banyak terima kasih untuk kesempatan yang telah diberikan,” kata Rins.

Lucio Cecchinello mengatakan, Rins akan berjuang bersama tim LCR Honda Castrol sebagai pebalap mulai 2023 mendatang. Kekayaan pengalaman dan kemampuan Rins memberikan masukan yang tepat pada teknisi, bakal membuat tim ini meningkatkan kemampuan motor. Targetnya, mendapat lebih banyak podium.

Baca juga: Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

“Kami baru saja selesai tanda tangan kontrak, semua tiga pihak, akhirnya bisa mengumumkan ke publik. Rins adalah pebalap berpengalaman, cepat, dan punya target podium,” kata Lucio.

Alex Rins merupakan pebalap berdarah Barcelona, Spanyol, memulai debut balap profesional pada 2012 dengan Honda di kelas Moto3. Rins kemudian naik ke kelas premier pada 2017, berhasil mengoleksi 15 kemenangan, termasuk tiga kali di kelas MotoGP, dan total 55 podium, 15 di antaranya dari MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com