Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis | Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

Kompas.com - 14/07/2022, 06:20 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan mobil merupakan cara utama dalam menjaga performa kendaraan. Tidak hanya mesin, tapi bagian lainnya juga perlu dirawat agar kenyamanan serta keamanan selama berkendara senantiasa tercipta.

Salah satunya yaitu merawat kopling untuk mobil dengan transmisi manual. Kopling sendiri merupakan komponen utama dalam hal penyaluran tenaga dari mesin, sebelum diteruskan ke roda penggerak.

Jadi, besarnya putaran mesin, selain dipengaruhi oleh rasio, juga ditentukan dari kemampuan kopling dalam penyaluran tenaga. Malah, sebelum sampai ke transmisi untuk menentukan rasio putaran, tenaga mesin lebih dulu melewati kopling.

Baca juga: Wuling Air EV Mulai Tebar Pesona, Sudah Bisa Dipesan Konsumen

Sementara itu, pada GIIAS 2021, Isuzu Indonesia merilis generasi terbaru dari Mu-X dan ditujukan sebagai kendaraan niaga yang cocok dibawa ke area proyek di daerah terpencil.

Bagi pemilik Mu-X yang mau tampil beda, modifikasi dari Arctic Trucks asal Rusia bisa menjadi referensi. Ubahan yang dilakukan juga sebenarnya tidak begitu banyak namun punya pengaruh yang besar pada performa off road.

Dikutip dari Carscoops.com, produk dari Arctic Trucks ini diberi nama Isuzu Mu-X AT 35. Bisa dilihat dari namanya, ubahan paling signifikan adalah penggunaan ban A/T atau All Terrain berukuran 35 inci (315/70 R17) di keempat rodanya.

Baca juga: Modifikasi Honda Monkey Ala Moto Guzzi Jadul

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 13 Juli 2022.

1. Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis

 

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Jadi, menjaga serta merawat kopling menjadi sangat penting. Termasuk mengenali tanda-tanda kopling sudah minta diganti, misal kampas koplingnya mulai tipis, ada kebocoran minyak kopling dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kejadian yang tidak diinginkan saat di perjalanan dapat dihindari. Dengan sering melakukan perawatan serta pemeriksaan, sudah pasti kondisi kopling menjadi lebih terawasi. Dengan kata lain, tidak perlu menunggu rusak untuk melakukan penggantian kopling.

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun, Agus Setiawan mengatakan, kopling perlu segera diganti bila tenaga yang dihasilkan kendaraan mengalami penurunan, padahal kondisi mesin prima.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis

2. Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

Isuzu Mu-X racikan Arctic TrucksCARSCOOPS.COM Isuzu Mu-X racikan Arctic Trucks

Untuk mengakomodasi ban yang raksasa, Arctic Trucks menambah over fender di depan dan belakang. Kemudian, dipasang juga snorkel yang dicat sewarna bodi, memberi kesan elegan namun fungsional.

Selain itu, dipasang juga mud guard, skid plate di kolong bodi, dan winch electric yang punya daya tarik sampai 5,6 ton.

Lalu, pada bagian kaki-kaki dikombinasikan dengan suspensi heavy-duty yang membuat tongkrongan Mu-X jadi lebih tinggi. Ground clearance yang awalnya 235 mm naik jadi 278 mm.

 

Baca juga: Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com