Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikejar Espargaro, Quartararo Coba Santai

Kompas.com - 12/07/2022, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo membuktikan dirinya pantas jadi juara dunia MotoGP 2021 dengan berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2022. Meski demikian, dia tidak merasa terbebani.

Quartararo berhasil bangkit pada pertengahan paruh pertama musim ini. Sebelumnya, puncak klasemen sementara dipegang oleh Enea Bastianini.

Baca juga: Quartararo Makin Terkenal, Semakin Sulit Jalan Bareng Keluarga

Tapi, pebalap Gresini Racing itu tidak konsisten performanya. Selain Bastianini, ancaman lainnya datang dari Aleix Espargaro.

Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).AFP/LUIS GENE Pebalap tim Yamaha, Fabio Quartararo, saat melintasi garis finis pada balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya-Barcelona, pada 5 Juni 2022. (Foto oleh LLUIS GENE/AFP).

Pebalap Aprilia tersebut saat ini menduduki peringkat kedua di klasemen sementara. Aleix memiliki total 151 poin, hanya terpaut 21 poin dari Quartararo.

"Saya belum merasakan ada tekanan apa pun sejak lama. Saya menang Kejuaraan Dunia tahun lalu, saya menikmatinya dan Yamaha tidak memberikan tekanan pada saya," ujar Quartararo, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Manager Quartararo Cerita Alotnya Tanda Tangan Kontrak dengan Yamaha

Quartararo menambahkan, dia pun tidak membuat dirinya terbebani dengan status juara dunia bertahan. Menurutnya, situasi tersebut tidak diperlukan.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

"Tentu saja, ada momen-momen yang membuat stress sebelum balapan atau kualifikasi. Tapi, saya tidak menyebutnya sebagai tekanan, itu hanya situasi yang membuat stress saja, khususnya tepat ketika sebelum start dan kualifikasi," kata Quartararo.

Quartararo mengatakan, tahun ini dia bisa mengatasi tekanan dengan baik. Omongannya tersebut dibuktikan dengan membuat Yamaha memimpin klasemen sementara, meskipun faktanya YZR-M1 jadi motor paling lambat dibanding para rivalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com