Pasang Cover Jok Premium Jadi Alternatif Modifikasi Mobil

Kompas.com - 24/06/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Agar mobil tampil sesuai keinginan, banyak pemilik yang melakukan modifikasi pada bagian interior atau eksterior.

Jok mobil menjadi bagian yang kerap diubah oleh pemilik mobil agar tampil gaya dan menambah kenyamanan.

Dua tahun terakhir ini, sejak era pandemi Covid-19 melanda, tren sarung jok mobil kian menanjak. Tahun ini, cover jok premium menjadi yang paling diminati.

Baca juga: Pentingnya Menyalakan Lampu Sein Saat Mau Belok dan Pindah Lajur

“Cover jok premium ini dua tahun terakhir sedang terkenal atau tren karena ini terobosan terbaru di dalam dunia interior khususnya sarung jok atau set cover. Jadi sarung jok, tapi kita pakai teknik Roofing Screw screw atau paku sehingga hasilnya seperti jok paten walaupun jok cover,” kata pemilik workshop Automania Hendra Budiman di kawasan Cempaka Mas saat dikunjungi oleh Kompas.com, Jumat (24/6/2022)

Hendra menjelaskan, jika set cover pada umumnya di aftermarket biasa hanya sarung. Namun, model seperti itu punya kelemahan, yaitu menggelembung tidak bisa mengikuti jok. 

“Nah kalau jok paten itu memang hasilnya rapih, tapi punya kelemahan. Kelemahannya yaitu lapisan asli dia harus dikuliti atau dikelupas. Nah ini alternatif bagi pelanggan. Bagi yang ingin hasilnya seperti paten tapi tidak mau jok mobilnya di kuliti maka set cover premium jawabannya,” kata Hendra.

Salah satu mobil yang sedang melakuka pemasangan Cover Jok Premium Janlika Putri/ Kompas.com Salah satu mobil yang sedang melakuka pemasangan Cover Jok Premium

Untuk modifikasi biaya cover set premium, Hendra menyebutkan tiap mobil beda. Hal tersebut lantaran jok setiap mobil jumlahnya berbeda, ada mobil yang punya dua baris seperti sedan atau mobil Innova tiga baris sehingga harganya berbeda.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Keseringan Cuci Helm Bikin Busa Cepat Kempis

Contohnya, untuk Innova dana yang harus digelontorkan mulai Rp 3,5 hingga Rp 4 juta untuk satu set atau tiga baris.

“Tapi tentu tidak semua jenis mobil bisa lakukan cover set premium. Hanya line up mobil baru saja karena joknya mengikuti line up mobil terbaru dari ATPM saja,” kata Hendra.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.