Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Hujan Lebat, Mobil yang Sedang Melaju Bisa Tersambar Petir?

Kompas.com - 22/06/2022, 18:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa wilayah di Indonesia saat ini tengah masuk musim hujan. Bahkan di wilayah tertentu curah hujannya begitu tinggi disertai kilatan petir.

Maka dari itu, pengendara yang melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan kerap dihantui rasa khawatir akan tersambar petir.

Peneliti Petir sekaligus Guru Besar dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Dipl Ing Ir Reynaldo Zoro mengatakan, jika mobil bisa saja tersambar petir saat berkendara di tengah hujan.

Baca juga: Selama Sepekan Perluasan Ganjil Genap Ratusan Pengendara Kena Tilang

"Mobil yang bergerak dapat tersambar petir, apalagi (jika) ada di elevated toll (tol layang). Untungnya ada tiang listrik sepanjang tol atas, sehingga ada yang lebih tinggi," kata Zoro belum beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Dengan kata lain, mengendarai mobil saat hujan di jalan tol layang masih dapat selamat dari petir karena adanya tiang listrik yang lebih tinggi. Petir memiliki kemungkinan lebih besar menyambar tiang listrik tersebut.

Tidak hanya itu saja, Zoro mengatakan untuk jangan khawatir karena petir tidak akan berdampak pada orang yang ada di dalamnya.

Ilustrasi hujan petir.freepik Ilustrasi hujan petir.

 

Baca juga: Catat Jadwal MotoGP Belanda 2022 Akhir Pekan Ini

Saat mobil tersambar petir, arus petir akan turun melewati ban. Ini karena pelek ban adalah yang paling dekat dengan tanah.

"Jadi kalau sedang banyak petir, kecepatan berkendara harus maksimal 60 km/jam. Hal tersebut agar saat alami pecah ban, mobil tidak terbalik," ujar Zoro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com