Gambar Paten Suzuki Burgman Versi Listrik Mulai Bocor

Kompas.com - 21/06/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki diketahui sedang menyiapkan skutik Suzuki Burgman versi motor listrik. Info terbaru, motor ini tampaknya bakal segera masuk jalur diproduksi karena gambar patennya sudah muncul ke publik.

Dilansir dari Cycle World (21/6/2022), Burgman versi listrik kabarnya sudah melakukan pengujian beberapa kali.

Dalam proyek motor listrik ini, Suzuki tidak bergerak radikal dengan menciptakan produk yang benar-benar baru.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Hyundai Stargazer Rp 5 Juta

 

Tapi menggunakan Burgman 125 sebagai dasar, lalu mengubah dapur pacunya menggunakan motor listrik dan baterai.

Sejauh ini program pengembangan dilakukan di India, namun prosesnya sempat melambat karena terjadi peningkatan suhu udara, yang berpengaruh pada sistem kelistrikan.

Sementara di Jepang, paten telah terbit. Skutik ini masih pakai rangka baja konvensional, dengan desain bodi yang kurang lebih sama seperti Burgman 125 sebelumnya.

Baca juga: Batas Kecepatan Berkendara di Jalan Tol Tidak Semua Sama

Namun karena motor listrik tidak memakai boks CVT, sistem penggerak skutik ini bakal menggunakan rantai ataupun belt yang bakal terekspos dari luar.

Sebelumnya, Suzuki Burgman versi listrik itu tertangkap kamera sedang diuji di jalanan India. Terlihat bahwa ini merupakan versi motor listrik. Soalnya, tak ada knalpot yang terpasang di motor ini.

Belum diketahui seperti apa spek motor listrik ini. Namun yang jelas, Suzuki Burgman electric bakal menjadi salah satu kendaraan listrik pertama Suzuki.

Kehadirannya akan ditunggu-tunggu di Tanah Air, mengingat empat anggota AISI lainnya, mulai dari Honda, Yamaha, Kawasaki, hingga TVS, sudah mengumumkan rencana perihal pengembangan elektrifikasi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.