Salin Artikel

Kenali Cairan yang Keluar dari Kolong Mobil Berdasarkan Warna

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemilik mobil sering menemukan tetesan air dari bawah kolong, biasanya terjadi ketika parkir dengan kondisi mesin hidup dan durasi yang lama.

Kondisi tersebut tentu mendatangkan tanda tanya dari mana asal air tersebut? 

Paska Estu Wicaksono, Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang mengatakan, gejala tetesan air terutama kondisi mesin hidup karena sirkulasi air conditioner atau AC membuang kondensasi udara panas. 

"Mesin dan AC hidup itu adalah kondensasi komponen AC mobil. Kendaraan double blower tetesan bisa jadi asalnya dua titik depan belakang," kata Paska kepada Kompas.com, Selasa, (21/6/2022) di Semarang.

Bila ada tetesan cairan lainnya, kata dia, sumbernya bisa karena kebocoroan beberapa komponen seperti radiator, carter oli, atau fluida minyak rem. 

"Kecuali tetesan fluida warna hitam atau tetesan coolant radiator ada masalah pada sambungan selang, seal, atau pipa," ucapnya. 

Paska melanjutkan, untuk mengenali ciri-ciri tetesan air kecuali dari AC, bisa dengan mengenali warnanya.

Jika hitam pekat umumnya berasal dari oli mesin, sebaliknya jika berwarna merah jambu tandanya ada kebocoran sistem radiator. 

"Cek dan pastikan tetesan bila fluida warna hitam pekat atau tetesan coolant radiator, indikator ada masalah pada sambungan selang, seal, atau pipa," lanjutnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/21/153100015/kenali-cairan-yang-keluar-dari-kolong-mobil-berdasarkan-warna

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.