Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bus UHD, Harus Pakai Sasis Tronton

Kompas.com - 17/06/2022, 15:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Model bus saat ini semakin banyak modelnya. Salah satu model bus yang belum lama ini hadir adalah Jetbus Ultra High Decker (UHD) buatan Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Bodi bus UHD punya dimensi yang mirip dengan Double Decker, bedanya cuma sekitar 100 mm. Bedanya, bus UHD hanya punya satu lantai untuk penumpang, sedangkan Double Decker ada lantai bawah dan atas.

Kelebihan dari bus UHD adalah bagasinya yang super lega. Mengingat tinggi bus yang sekitar 4 meter, bagasinya bisa dimuat motor dan tentunya lebih banyak barang.

Baca juga: Bertemu Bus Ngeblong di Jalan, Lebih Baik Menghindar

Bus AKAP PO STJsolotigo.com Bus AKAP PO STJ

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus UHD kerap dimanfaatkan Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan perjalanan mengantar penumpang sekaligus paket barang seperti sepeda motor, karena bagasinya yang lebih lega dibandingkan bodi bus lainnya.

"Iya betul (UHD dijadikan kendaraan pengiriman paket). Karena kalau bus double decker bagasinya lebih kecil," ungkap Yohan kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Jawa Timur tersebut, UHD diposisikan berada setingkat di bawah double decker dan di atas bus Super High Decker (SHD).

Baca juga: Mana Lebih Irit, Mobil Transmisi Matik atau Manual?


 

Akibat dari dimensi yang hampir mirip bus tingkat, Yohan menjelaskan UHD hanya bisa dirakit di atas sasis triple axis alias tronton. Contohnya seperti Mercedes-Benz OH 2542, Scania K410iB, dan Volvo B11R.

Pasalnya, sasis bus biasa tidak akan kuat dan sulit untuk seimbang dalam menopang bodi UHD. Maka tidak akan ditemukan bus berbodi UHD yang menggunakan sasis dua sumbu roda.

Jika ingin mencoba sensasi menaiki bus ini, beberapa PO yang memiliki armada UHD antara lain ada Pandawa 87, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, serta yang terbaru dari Gunung Harta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com