Salin Artikel

Mengenal Bus UHD, Harus Pakai Sasis Tronton

JAKARTA, KOMPAS.com - Model bus saat ini semakin banyak modelnya. Salah satu model bus yang belum lama ini hadir adalah Jetbus Ultra High Decker (UHD) buatan Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Bodi bus UHD punya dimensi yang mirip dengan Double Decker, bedanya cuma sekitar 100 mm. Bedanya, bus UHD hanya punya satu lantai untuk penumpang, sedangkan Double Decker ada lantai bawah dan atas.

Kelebihan dari bus UHD adalah bagasinya yang super lega. Mengingat tinggi bus yang sekitar 4 meter, bagasinya bisa dimuat motor dan tentunya lebih banyak barang.

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus UHD kerap dimanfaatkan Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan perjalanan mengantar penumpang sekaligus paket barang seperti sepeda motor, karena bagasinya yang lebih lega dibandingkan bodi bus lainnya.

"Iya betul (UHD dijadikan kendaraan pengiriman paket). Karena kalau bus double decker bagasinya lebih kecil," ungkap Yohan kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Jawa Timur tersebut, UHD diposisikan berada setingkat di bawah double decker dan di atas bus Super High Decker (SHD).

Akibat dari dimensi yang hampir mirip bus tingkat, Yohan menjelaskan UHD hanya bisa dirakit di atas sasis triple axis alias tronton. Contohnya seperti Mercedes-Benz OH 2542, Scania K410iB, dan Volvo B11R.

Pasalnya, sasis bus biasa tidak akan kuat dan sulit untuk seimbang dalam menopang bodi UHD. Maka tidak akan ditemukan bus berbodi UHD yang menggunakan sasis dua sumbu roda.

Jika ingin mencoba sensasi menaiki bus ini, beberapa PO yang memiliki armada UHD antara lain ada Pandawa 87, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, serta yang terbaru dari Gunung Harta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/17/151200615/mengenal-bus-uhd-harus-pakai-sasis-tronton

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.