Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Rain Repellent pada Kaca Depan Mobil

Kompas.com - 14/06/2022, 13:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Selain wiper, kaca mobil juga merupakan komponen utama yang tak kalah penting mendapat perawatan. Terlebih saat musim hujan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk merawat dan menjaga kondisi kaca tetap bening sehingga membuat visibilitas tetap terjaga, salah satunya dengan produk perawatan cairan rain repellent. 

Dealer Service Technical Manager Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, setelah menghilangkan jamur pada kaca, untuk tahap finishing kaca mobil yang sudah bersih baiknua dilapis cairan anti hujan. 

"Efek cairan rain repellent, tidak sekadar membersihkan, namun juga memberikan efek daun talas agar penglihatan pengemudi ketika berkendara di musim hujan tidak terganggu," ucapnya, kepada Kompas.com, Senin (13/6/2022). 

Baca juga: Berkendara Malam Hari Lebih Bahaya Dibanding Siang

Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.Chevrolet Indonesia Berkendara di musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri, termasuk terjadinya aquaplaning.

Penggunaannya pun, cukup sederhana, yakni dengan mengoleskan kain lap untuk aplikasi pada permukaan kaca depan.

Tetapi, sebelum cairan anti hujan benar-benar bisa melindungi permukaan kaca wajib menghilangkan jamurnya lebih dulu agar maksimal. 

"Jika ada noda jamur atau bekas kotoran lainnya menempel, alhasil proteksi dari rain repellent juga kurang," tambahnya.

Baca juga: Selain Redam Sinar Matahari, Ini Manfaat Pasang Kaca Film 

Bila sudah mengikuti petunjuk pemakaian, efeknya bisa secara langsung dirasakan, yaitu air hujan akan mengalir sendiri dan membuat efek daun talas. 

"Pastikan prosedur aplikasi rain repellent secara benar untuk mendapat hasil maksimal. Kondisi terbaik pemakaian yakni beberapa jam sebelum turun hujan" ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com