Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Buka Kaca Mobil Saat Melewati Perlintasan Kereta Api

Kompas.com - 23/05/2022, 19:15 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial, video yang memperlihatkan detik-detik kereta api menabrak minibus, di Desa Losari, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (22/5/2022).

Salah satu akun Instagram yang mengunggah peristiwa itu adalah @jakartasiana. Dalam unggahan tersebut, terlihat kereta melaju pelan dan sempat membunyikan klakson sebelum melewati perlintasan kereta api.

Tiba-tiba muncul mobil jenis minibus yang melintas. Warga yang berada di sekitar sempat meneriaki mobil tersebut sebelum melewati lintasan kereta api.

Namun, sopir diduga tak mendengar teriakan warga. Alhasil, tabrakan pun tak terhindarkan.

Baca juga: Kasus Pengendara Pajero Sport Arogan, Ini Ancaman Ugal-ugalan di Jalan

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, KA Wisata berjalan dari arah Tuntang melewati perlintasan yang dijaga oleh warga.

“Tepat pada saat KA Wisata akan melintas, ada mobil nekat nyelonong melewati perlintasan,” kata Krisbiyantoro dikutip dari Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Akibatnya, sopir mengalami luka ringan, sementara mobil jenis minibus rusak berat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Siana (@jakartasiana)

Untuk menghindari kejadian serupa, ada baiknya pengemudi mobil mengetahui cara aman ketika melewati perlintasan kereta api.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, melintasi jalan kereta api yang tidak berpalang itu berisiko tinggi kecelakaan. Sebab, tidak tahu kapan dan dimana posisi kereta api tersebut.

“Perlu diingat, kereta memiliki prioritas utama. Ketika bersinggungan dengan kendaraan lain, kereta tidak bisa ngerem mendadak dan berhenti seketika. Butuh jarak puluhan meter untuk berhenti sempurna,” ucap Sony.

Baca juga: Aplikasi Bayar Tol Nirsentuh Bakal Bebas Kuota Internet?

Menurut Sony, banyak pengemudi yang tidak dapat mendengar suara kereta karena memang berada di ruang terbuka. Terlebih lagi kalau posisi kaca mobil tertutup.

“Jadi selain harus didengar juga harus dilihat. Memastikan kondisi aman, berhenti sekitar 3 meter sebelum rel kereta api. Selanjutnya, buka kaca 10 cm untuk mendengar adanya kereta atau tidak,” kata Sony.

Jika diperlukan, matikan audio untuk menambah fokus pendengaran. Setelah keadaan clear, baru melintas dan gunakan momentum supaya kendaraan tidak terjebak di antara rel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com