Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tol Nirsentuh Akan Diuji Coba Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 23/05/2022, 07:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pembayaran jalan tol dengan transaksi non tunai nirsentuh alias multi lane free flow (MLFF) akan mulai diuji coba pada tahun ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, diharapkan pengguna jalan tol tak akan terkejut jika beberapa ruas jalan tol tak lagi pakai gerbang tol untuk proses pembayaran tol.

"Secara timeline, kita mengharapkan akan memulai proses uji coba di tahun ini. Harapannya, tidak ada technical issue sehingga akan dilakukan implementasi secara bertahap," katanya dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Belakang Truk Tampil Sederhana

Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Kementerian PUPR Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Danang mengatakan, uji coba sistem baru ini akan dilakukan sampai akhir 2022. Adapun sistem akan mulai diberlakukan penuh pada 2023.

"Bertahapnya seperti apa, sangat tergantung dengan uji coba itu yang dilakukan sampai pada Desember. Tapi dari perjanjiannya, secara penuh itu implementasi akan diaksanakan di 2023 mendatang," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi sebelumnya, yang mengatakan bahwa sistem MLFF sudah dilakukan simulasi dan saat ini dalam proses riset dan pengembangan pihak terkait.

Baca juga: Ada Bahaya Mengintai Gunakan Kaca Spion Motor Kecil

Hanya saja, belum dikatakan secara pasti kapan waktu uji coba sistem MLFF akan diterapkan. Termasuk, ruas jalan tol mana saja yang diujikan dan bagaimana pengenaan dendanya nanti.

Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 2.

Danang memastikan bahwa proses peralihan sistem pembayaran tol ke MLFF akan ada transisinya. Jadi kemungkinan masih akan ada gerbang tol di ruas tertentu guna memperlanjar mobilitas.

Baca juga: Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain

"Kita akan lakukan secara bertahap. Jadi ini bukan sesuatu yang langsng berubah, kita juga melihat technology readyness-nya, consumer behavior, serta law enforcement readyness-nya," ucapnya.

"Jadi kita lakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan kita untuk mengadaptasi teknologi baru ini," kata Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com