Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amelia Tjandra Pensiun, Astra Daihatsu Motor Ganti Nahkoda

Kompas.com - 19/05/2022, 16:56 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengganti komposisi dalam struktur jabatannya. Kini, tongkat estafet Direktur Pemasaran sudah beralih tangan.

Jabatan Direktur Pemasaran ADM kini dipegang oleh Sri Agung Handayani, yang juga merangkap sebagai Direktur Corporate Planning & Communication ADM. Sebelumnya, Amelia Tjandra yang mengisi posisi Direktur Pemasaran ADM.

Baca juga: Naik 41,8 Persen, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Cukup lama Amelia menjabat sebagai salah satu petinggi di ADM. Wanita yang ramah dan murah senyum ini memulai kariernya di Daihatsu sejak tahun 1990. Total sudah 32 tahun wanita yang akrab disapa Amel ini berkiprah bersama Daihatsu.

Marketing Director PT.Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra bersama Alan Budikusuma dan Susy Susanti penggagas Daihatsu Astec Open. Marketing Director PT.Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra bersama Alan Budikusuma dan Susy Susanti penggagas Daihatsu Astec Open.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Pemasaran, Amel memulai kariernya di divisi sparepart atau aftersales. Bahkan, dia menjadi satu-satunya wanita di divisi tersebut kala itu.

Amel melanjutkan kariernya dengan pindah unit pada 2005. Dalam unit yang baru, dia ditantang untuk membuat Daihatsu semakin diterima dan dicintai konsumen di Indonesia.

Baca juga: Bengkel Daihatsu di Jakarta yang Buka Saat Lebaran 2022

Salah satu prestasinya adalah berkontribusi dalam pencapaian Daihatsu meraih penjualan mobil terbesar kedua di Indonesia pada 2017.

Amelia dan timnya bahkan sukses mempertahankan prestasi tersebut selama sembilan tahun berturut-turut.

Tsuneo Itagaki (kiri) bersama Amelia Tjandra dan Toto Suryana Wijaya meluncurkan New Luxio.Agung Kurniawan Tsuneo Itagaki (kiri) bersama Amelia Tjandra dan Toto Suryana Wijaya meluncurkan New Luxio.

Meskipun memegang jabatan yang tinggi, tapi di sela-sela kesibukannya sebagai Direktur Pemasaran ADM, Amelia tetap bisa menjalankan hobi menyelamnya.

"Setelah lama akhirnya meski jiwa masih mudah tapi umur tidak bisa dibohongi. Saya masuk masa purnabakti dan digantikan oleh Ibu Agung yang dulu juga sempat di Toyota. Saya meminta rekan-rekan untuk tetap support Daihatsu, saya juga masih akan mendampingi Bu Agung," ujar Amelia, kepada wartawan, di Head Office ADM, Kamis (19/5/2022).

Sri Agung Handayani kini menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM)Kompas.com/Stanly Sri Agung Handayani kini menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Sri Agung sendiri punya rekam jejak cukup panjang di dunia otomotif. Dia pernah memegang jabatan General Manager Toyota Training Center (TTC) dan Product General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebelum dipercaya untuk menjadi petinggi di ADM, Sri Agung menjabat sebagai Direktur Astra Life.

"Saya kembali on track di otomotif setelah sebelumnya melanglang ke finance. Seperti yang sudah di bilang Ibu Amel, kami tetap meminta dukungan dari rekan-rekan media untuk men-support Daihatsu," kata Sri Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com