Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Yamaha Luncurkan YZF-R2?

Kompas.com - 13/05/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pertengahan 2021, pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha, diketahui telah mendaftarkan sejumlah nama baru untuk YZF-R, yaitu YZF-R7 dan YZF-R2.

YZF-R7 sudah meluncur di beberapa negara. Adapun kode lain yakni YZF-R2 masih menjadi misteri meski banyak pihak yang penasaran dengan nomenklatur baru ini.

Baca juga: Video Hewan Menyeberang Jalan Tol Bikin Celaka, Apakah Boleh Ditabrak?

Mengutip Greatbiker, Saat ini Yamaha tidak memiliki mesin apapun yang berada di koordinat sekitar 200cc, jadi ada kemungkinan mesin ini dikembangkan dari mesin satu silinder 155cc R15.

Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th AnniversaryKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th Anniversary

Tebak-tebakannya ialah mesinnya tidak persis 200cc tapi sedikit lebih kecil. Sehingga diprediksi basis mesinnya bukan mesin R25 dua silinder yang dikecilkan tapi dari R15 yang dibesarkan.

Kode R2 ini menarik perhatian masyarakat karena jika benar bakal meluncur maka motor ini bermain di segmen entry. Pertanyaannya di mana motor ini akan ditempatkan sesuai segmennya.

Karena jika ukuran mesinnya 50cc lebih besar dari YZF-R15, maka akan tumpang tindih dengan target konsumen yang relatif sama.

Prediksi prematur pertama menyebut bahwa R2 nantinya ialah untuk menggantikan R15. Atau setidaknya menjadi komplementer R15 contohnya seperti R25 dan R3 di beberapa negara.

Baca juga: Harga Tiket Bus Jakarta - Yogyakarta Setelah Lebaran

Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Yamaha YZF-R7

Prediksi lain ialah R2 yang dimaksud merupakan kelas di bawah moge R1. Tapi beberapa sumber lain menyebut Yamaha sudah punya motor baru di segmen itu yang bakal diisi oleh R9 yang juga masih rumors.

Dengan berbagai argumen tersebut, beberapa media luar negeri percaya bahwa proyek R2 masih lama. Adapun pengajuan kode nama R2 oleh Yamaha hanya agar nama itu tidak dipakai pihak lain.

Sebab keluarga R-Series memakai kode huruf, mulai dari R15, R25, R3, R7 dan R1. Sehingga mengamankan kode nama juga merupakan salah satu strategi penting di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com