Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti-Macet Layanan Kapal Gratis untuk Sepeda Motor, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 06/05/2022, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor saat arus balik Lebaran 2022, serta pengalihan kepadatan lalu lintas, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan layanan arus balik Lebaran 2022 gratis menggunakan kapal laut.

Program ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya, yaitu mudik sepeda motor dengan kapal laut secara gratis.

“Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan,” ucap Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen S. Sartoto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Jelang Arus Balik Lebaran, Lalin di Tol Trans Sumatera Mulai Meningkat

Capt Mugen menambahkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik ini masih sama dengan yang dipakai saat arus mudik, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Adapun syarat dan ketentuan untuk naik kapal gratis bagi pengendara sepeda motor saat arus balik Lebaran masih sama dengan ketentuan mudik gratis, yakni:

  • Membawa dokumen KTP (Kartu Tanda Pengenal) dan KK (Kartu Keluarga).
  • Peserta sudah divaksinasi Covid-19 dosisi lengkap, termasuk booster.
  • Bila baru divaksinasi dua dosis, wajib membawa hasil negatif tes antigen yang berlaku 1x24 jam, atau hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Bila baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib membawa hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Calon peserta yang memiliki kondisi khusus sehingga tidak bisa divaksinasi, saat keberangkatan harap membawa hasil negatif tes PCR 3X24 jam, dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum, atau tidak dapat melakukan vaksinasi Covid-19.
  • Wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi, atau membawa kartu vaksinasi lengkap (dua kali vaksin dan satu kali booster).

Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pemudik antre menunggu masuk ke kapal Ro-Ro saat puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat (23/6/2017). Pelabuhan Merak menargetkan 1.438.550 orang akan menyeberangi lintasan Merak-Bakauheni selama Lebaran tahun ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Sementara jadwal keberangkatan naik kapal gratis bagi pengendara sepeda motor saat arus balik Lebaran adalah:

  • Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dengan KM Ciremai adalah tanggal 9 Mei pukul 17.00 WIB.
  • Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, dengan KM Ciremai adalah tanggal 10 Mei 2022 pukul 15.00 WIB.
  • Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dengan KM Dobonsolo adalah tanggal 11 Mei 2022 pukul 17.00 WIB.
  • Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, dengan KM Dobonsolo adalah tanggal 12 Mei pukul 15.00 WIB.

Bagi peserta arus balik gratis yang tidak sempat mendaftar online, pendaftaran bisa dilakukan secara langsung di pelabuhan keberangkatan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.

"Bagi yang belum terdaftar, dapat datang langsung ke pelabuhan minimal empat jam sebelum keberangkatan dan selama kuota masih tersedia" ujar Capt Mugen.

Baca juga: Sampai H+3 Lebaran, 11.000 Kendaraan Masuk Kawasan Bogor

Sampai saat ini peserta arus balik gratis yang sudah terverifikasi untuk keberangkatan tanggal 9 Mei dari Surabaya berjumlah 57 motor dan 135 orang.

Sedangkan, untuk tanggal 11 Mei sebanyak 33 motor dan 62 orang Sementara itu, arus balik dari Semarang untuk keberangkatan tanggal 10 Mei 2022 yang terverifikasi berjumlah 613 motor dan 1.403 orang, serta tanggal 12 Mei 2022 sebanyak 264 motor dan 589 orang.

“Artinya masih banyak kuota yang tersedia karena kapasitas masing-masing kapal mencapai 2.500 orang dan 1.250 unit sepeda motor," kata Capt Mugen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com