Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Keandalan Suzuki XL7 Melibas Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 28/04/2022, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai menelurusi kesiapan infrastruktur di Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), tim Merapah Trans-Jawa langsung bertolak menuju Cirebon untuk memantau jalur mudik menuju Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Tim Kompas.com masih menggunakan Suzuki XL7. Mobil yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV) menggendong mesin K15B DOHC dengan kubikasi murni 1.462 cc, terbilang bisa diandalkan.

Baca juga: Manfaatkan Fitur Overdrive Suzuki XL7 Saat Merapah Trans-Jawa 2022

Mesin tersebut mampu memproduksi daya sebesar 103 tk pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Angka tersebut cukup untuk melibas berbagai kondisi jalan tes yang dilewati awak redaksi.

Kebetulan unit yang kami bawa untuk melintasi Trans-Jawa merupakan varian Alpha dengan transmisi matik.

Bahkan dengan membawa lima penumpang dewasa beserta barang-barang di bagasi, XL7 masih nyaman mengantarkan awak redaksi ke Cirebon.

Pengalaman menarik lainnya adalah saat mengajak XL7 bermanuver melintasi jalur berkelok menuju Cirebon. Status dengan ground clearance yang cukup tinggi ternyata tak membuat XL7 terlalu mengalami gejala limbung.

Gejala limbung dan body roll memang bisa direduksi yang membuat Suzuki XL7 baru memiliki sisi handling lebih baik.

Kondisi ini pun menjadi salah satu poin lebih yang menandakan XL7 makin nyaman digunakan di jalan beraspal dan beton seperti permukaan di sepanjang Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Bahaya, Pemudik Jangan Istirahat di Bahu Jalan Tol

Dengan total jarak tempuh sekitar 900 kilometer dari Jakarta dan menyinggahi beberapa kota besar hingga akhirnya tiba di Cirebon.

Adapun untuk konsumsi bahan bakar, setelah menempuh perjalan jauh membawa lima orang penupang dewasa serta barang bawaan dan beragam medan serta variasi gaya berkendara, Kompas.com mendapatkan angka sebesar 12,6 kpl.

Merapah Trans-Jawa 2022 ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex dan Intiwhiz International.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com