Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Fitur Overdrive Suzuki XL7 Saat Merapah Trans-Jawa 2022

Kompas.com - 28/04/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua mobil Suzuki yakni XL7 dan Ertiga dipercayai untuk menemani ekspedisi tim Kompas.com Merapah Trans-Jawa 2022.

Kedua mobil bertransmisi matik ini sudah dibekali dengan fitur overdrive (O/D). Fitur ini diaktifkan dengan menekan tombol yang terdapat pada bagian samping kanan tuas transmisi.

Saat menjelajahi jalan menanjak dan menurun, tim redaksi pun mencoba fitur overdrive yang ada pada Suzuki XL7. Hasilnya, mobil ini mampu melahap tanjakan dengan mulus tanpa ngos-ngosan.

Pun, ketika hendak mendahului kendaraan lain di depan pada jalan tol.

Baca juga: Seberapa Luas Volume Bagasi Suzuki XL7 buat Perjalanan Mudik?

Tak hanya itu, pada saat melaju di posisi top gear dan membutuhkan daya deselerasi, fitur ini bisa digunakan untuk membantu pengereman.

Cara penggunaannya cukup mengaktifkan dengan menekan tombol pada tuas transmisi.

Tombol OverdriveKompas.com/ApridaMegaNanda Tombol Overdrive

Sebagai informasi, mekanisme overdrive adalah memindahkan transmisi ke gigi rendah, dan selama diaktifkan maka posisi transmisi matik tidak akan beranjak naik. Hal ini karena adanya sistem yang memberikan perintah untuk menahan transmisi pada posisi yang lebih rendah.

Umumnya mobil matik konvensional memiliki empat percepatan seperti Suzuki XL7 dan Ertiga. Saat overdrive diaktifkan maka akan mempertahankan transmisi di posisi ketiga, tidak akan lompat langsung kedua.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Kabin Suzuki XL7 Saat Merapah Trans-Jawa 2022

Namun sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang sampai saat ini tidak mengerti dan paham fungsinya. Bahkan tidak jarang ada juga yang tinggal menggunakan atau salah dalam menerapkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com