Salin Artikel

Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja merilis dua bus baru milik PO Antar Lintas Sumatera (ALS). Mendekati lebaran memang menjadi momen PO bus menambah armada baru.

Kedua bus yang baru rilis dari Karoseri Adiputro punya tampilan livery berbeda walau pilihan bodi dan sasisnya sama. Bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ HDD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz.

Untuk kelirnya, kedua bus masih menggunakan warna khas PO ALS, yakni hijau. Namun, pada bus pertama menggunakan livery yang berbeda dan menggunakan warna kombinasi hijau, emas, dan abu-abu.

Untuk unit ini digunakan sebagai armada kelas Super Eksekutif, perbedaan utama ada di kabin. Bangku penumpang disusun dua kanan dan satu kiri dengan menggunakan model yang lebar dan dilengkapi dengan leg rest.

Selain bangkunya yang lebar, penumpang juga dimanjakan dengan adanya sekat di bagian depan dan belakang. Adanya sekat bisa menjadi ruang merokok dan asapnya tidak akan masuk ke kabin.

Sedangkan di belakang, sekat berfungsi sebagai smoking room dan toilet untuk penumpang. Ingat, toilet yang ada di kabin bus hanya bisa digunakan untuk buang air kecil dan saat bus berjalan.

Lalu, untuk unit satu lagi menggunakan livery khas PO ALS dengan perpaduan warna biru. Selain itu, bus dengan aksen warna biru ini nampaknya dibuat untuk melayani kelas ekonomi AC tanpa toilet.

Jadi bisa dilihat di kabinnya ada bangku yang disusun 2-2. Selain tidak ada toilet, sekat juga tidak dipasang, sehingga tidak ada smoking room di kabinnya.

Keunikan lain dari bus baru PO ALS ini ada pada sisi samping di mana nama bus ditulis lengkap. Dahulu, hanya tertulis 'A.L.S.' di bagian samping, sedangkan di unit yang baru, tertulis lengkap 'PT. Antar Lintas Sumatera'.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/15/084200315/bus-baru-po-als-kelas-super-eksekutif-pakai-livery-berbeda

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.