Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bagian Bodi Mobil yang Mudah Diserang Karat

Kompas.com - 07/04/2022, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki mobil mulus berkilau jadi dambaan banyak orang. Meskipun demikian, karatan menjadi salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada mobil.

Tentunya mobil yang alami karatan menjadi hal yang menjengkelkan bagi pemiliknya. Tidak hanya mengganggu tampilan mobil, pemilik mobil juga harus menggelontorkan dana untuk perbaikan.

Dwiki T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing mengatakan jika karatan pada mobil sering terjadi di beberapa titik.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mogok di Perlintasan Rel Kereta?

"Bagian mobil yang paling sering terjadi karatan yaitu atap mobil, sela-sela pintu, lis kaca, dan ujung kap mobil," katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Pada titik-titik tersebut rentan karatan, oleh karena itu banyak pemilik mobil yang membawa kendaraannya ke salon mobil guna memperbaiki karatan pada titik tersebut.

Karatan yang terjadi dapat disebabkan oleh cat bodi yang rusak akibat sisa air dari mencuci mobil tidak kering sempurna. Sisa air masuk ke sela-sela panel bodi mobil yang lambat laun menjadikan panel bodi berkarat.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Tidak hanya itu saja, karatan juga dipicu karena benturan atau goresan sehingga lapisan plat bodi (panel) terkena air langsung.

Permasalahan mobil karatan ini tidak hanya menimpa mobil tua atau lawas saja, mobil keluaran terbaru yang tidak terawat dengan baik juga rentan alami karatan. 

Maka dari itu, hendaknya setiap pemilik mobil juga rutin untuk melakukan perawatan pada mobil. Dengan begitu, kejadian mobil karatan dapat dicegah. 

Baca juga: Saat Suzuki Carry Tampil Menggoda dengan Tema Anak Pantai

"Apabila penyebab dari cat bodi yang terkelupas maka segera perbaiki dengan cat panel di body repair. Pastikan bengkel body repair menghilangkan total karatnya sebelum proses pengecatan dilakukan," ujar Dwiki.

Mobil karatan juga dapat dicegah dengan memilih tempat parkir teduh dan hindari di bawah sinar matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com