Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batok Marketplace Kendaraan Klasik Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas mobil dan bermunculan pada masa pandemi Covid-19. Tak cuma mobil tahun muda tapi juga mobil-mobil tua, mulai klasik, vintage, termasuk retro.

Untuk mewadahi para pecinta mobil klasik tersebut muncul situs jual-beli atau marketplace khusus untuk kendaraan klasik, bernama Batok, akronim dari Bandar Oto Klasik.

Baca juga: Rutin Cuci Mobil Bisa Cegah Karat

Aplikasi digital Batok akan menjual mobil dan aksesoris klasik, kemudian ke depan juga diisi motor hingga truk klasik. Dalam waktu dekat aplikasi ini diklaim sudah tersedia di Google Play.

Kiri-Kanan: Abdurahman Fathan Chief Marketing Officer (CMO) dan Andri Renreng Chief Operation Officer (COO) BATOK. KOMPAS.com/Gilang Kiri-Kanan: Abdurahman Fathan Chief Marketing Officer (CMO) dan Andri Renreng Chief Operation Officer (COO) BATOK.

Andri Renreng, Chief Operating Officer (COO) Batok mengatakan, saat ini komunitas mobil klasik terus tumbuh. Pemainnya bahkan tak lagi sebatas orang tua tapi juga merambah ke kaum milenial.

"Kita berani klaim ini satu-satunya aplikasi yang mengkolaborasikan jual beli plus lelang khusus kendaraan klasik. Itu kita riset belum ada di Indonesia dan bahkan sekelas ASEAN, adanya di Australia dan China," katanya di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Andri mengatakan Batok merupakan wadah para penggemar kendaraan klasik secara spesial, penggunanya nanti tidak hanya bisa jual-beli tapi juga bisa melangsungkan lelang secara online.

Baca juga: [VIDEO] Honda New Genio, Versi Facelift Makin Mirip Scoopy

Marketplace  khusus untuk kendaraan klasik, bernama BATOK singkatan dari Bandar Oto Klasik resmi meluncur.KOMPAS.com/Gilang Marketplace khusus untuk kendaraan klasik, bernama BATOK singkatan dari Bandar Oto Klasik resmi meluncur.

"Setiap member Batok nantinya punya kesempatan untuk melelang. Kita ada klasifikasinya Ultra Rare, Medium Race dan Rare," kata Andri.

Adapun Batok merupakan inisiasi dari Muhammad Al Abdullah kerap disapa Memet, yang pernah menjabat orang nomor satu di Garansindo sekaligus pencetus motor listrik Gesits.

"Dalam dua tahun terakhir telah terjadi market shifting dan growth pada pasar kendaraan klasik. Pertumbuhan transaksi jual belinya juga meningkat dalam rentang waktu yang relatif sama," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com