Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulitnya Jadi Pebalap MotoGP, Harus Kuasai Belasan Tombol di Setang

Kompas.com - 28/03/2022, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP merupakan prototipe yang sangat canggih. Apalagi, jika mengintip bagian kokpit alias area setangnya.

Ada banyak sekali tombol yang tersedia yang harus dikuasai oleh pebalap. Hebatnya lagi, para pebalap harus menekannya di saat berada di tengah tikungan atau posisi sulit lainnya.

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, mengatakan, motor MotoGP memiliki lebih dari sepuluh tombol dan opsi pengaturan di setang.

Baca juga: Lorenzo Ungkap Yamaha Lebih Pilih Rossi Jadi Juara Dunia MotoGP 2015

Tak jauh berbeda dengan pebalap Formula 1 (F1) yang memiliki banyak tombol di setir. Tapi, Beirer menolak jika ada yang membandingkan antara pebalap F1 dengan MotoGP.

Kokpit motor MotoGPDok. Speedweek.com Kokpit motor MotoGP

"Dari segi kemampuan, saya setuju. Tidak seperti para pebalap mobil, pebalap MotoGP bergantung di samping motornya saat di tikungan ketika mereka harus mengoperasikan tombol-tombol tersebut," ujar Beirer, dikutip dari Speedweek.com, Senin (28/3/2022).

Beirer menambahkan, dalam balap mobil, terdapat dinamika berkendara yang berbeda. Seseorang bisa beradaptasi dalam situasi tersebut secara berbeda. Sebab, dalam balap mobil, badan berada dalam posisi yang stabil.

"Di MotoGP, Anda berbaring dengan lutut dan siku berada di samping motor dengan lebih dari 200 km/jam," kata Beirer.

Baca juga: Bos Yamaha MotoGP Buka Peluang Toprak Gantikan Quartararo

Terlihat pada gambar ada 11 tombol yang harus dikuasai para pebalap. Nomor 1, 8, dan 11, digunakan untuk Front/Rear Start Device. Sementara nomor 2, untuk tuas rem.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

Nomor 3 hingga 7, digunakan untuk mengatur engine mapping, traction control, engine brake, torque control, dan wheelie control. Semuanya diatur secara bebas, tergantung pebalapnya.

Tombol hitam berguna untuk launch control. Lalu, tombol biru untuk pit limiter. Sementara tombol merah, berfungsi untuk mematikan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com