Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Sebut Sangat Penting Raih Pole di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 11:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo akhirnya berhasil meraih pole position kembali. Pebalap Yamaha ini akan start dari posisi terdepan pada Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Quartararo berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik. Hasil tersebu sekaligus menjadi rekor baru untuk Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Indonesia; Quartararo Pole, Marquez Jatuh 2 Kali

Pebalap asal Prancis tersebut hanya memiliki top speed tercatat di angka 306,8 km/jam. Top speed tersebut masih kalah dengan Ducati yang dapat mencapai 313 km/jam yang diraih oleh Johann Zarco.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 di hari Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik diikuti dua pembalap Pramac Racing Jorge Martin dan Johann Zarco.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 3 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 di hari Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik diikuti dua pembalap Pramac Racing Jorge Martin dan Johann Zarco.

“Penting untuk memulai balapan di sini dari depan, karena sulit untuk menyalip. Saya pikir tadi sempat akan kehilangan kendali di Tikungan 2, tetapi saya akhirnya masih dapat pole,” ujar Quartararo, kepada MotoGP, saat diwawancara usai kualifikasi.

Quartararo menambahkan, dirinya masih melakukan beberapa kesalahan di lap tercepat sekali pun. Menurutnya, lintasan Sirkuit Mandalika sulit dan menantang.

Baca juga: Meski Unggul di FP2 MotoGP Mandalika, Motor Quartararo Sempat Mogok

Pebalap Prancis Pramac Racing Johann Zarco melakukan sesi latihan untuk balapan MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Prancis Pramac Racing Johann Zarco melakukan sesi latihan untuk balapan MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

"Terutama untuk roda belakang. Untuk pertama kalinya, saya merasakan ban menjadi panas setelah hanya satu lap,” kata Quartararo.

Dua pebalap Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco, akan menempati posisi kedua dan ketiga di start nanti. Sementara itu, juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez, mengalami crash hingga dua kali pada sesi Q1.

Pembalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin saat mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin saat mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Marquez kehilangan kendali ban depan di Tikungan 13 saat melakukan flying lap keduanya. Tak lama kemudian, ia kembali mengalami crash di Tikungan 12.

Pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez membonceng marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 pada Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez membonceng marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 pada Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.

Duo Repsol Honda yang dijagokan beberapa pihak sebelum sesi kualifikasi bergulir, harus puas berada di posisi ke-15 untuk Marquez dan ke-16 untuk Pol Espargaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com