Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Viral, Video Toyota Innova Diesel Minum Pertamax, Apa Dampaknya? | Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?

Kompas.com - 14/03/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com —Tayangan yang memperlihatkan seorang pria sedang mengisi bahan bakar di salah satu SPBU viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang mengunggah peristiwa itu adalah @romansasopirtruck.

Video tersebut ramai diperbincangkan lantaran sang pemilik kendaraan diduga melakukan kesalahan dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM).

Dalam rekaman itu, terlihat jelas bahwa mobil yang digunakannya merupakan Toyota Innova 2.4 V. Emblem pada mobil itu menunjukan bahwa mobil tersebut merupakan varian diesel.

Baca juga: Harga Suzuki Jimny Tembus Rp 500 Juta Lebih, Unit Ready

Selain itu, PT Kreta Indo Artha atau APM KIA di Indonesia akhirnya meluncurkan mobil yang belakangan ini sudah ramai di media sosial. Tampil tanpa balutan kamuflase, Kia Indonesia mulai mengenalkan KIA Carens pada ajang Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

Ario Soerjo, Marketing Development Division Head KIA Indonesia, mengatakan, saat ini Carens baru sampai tahap pengenalan. Mengenai harga jualnya, bakal diumumkan pada acara selanjutnya.

Berikut daftar 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif, MInggu (13/3/2022):

1. Viral, Video Toyota Innova Diesel Minum Pertamax, Apa Dampaknya?

Namun, pria yang mengenakan peci putih itu malah mengisi bahan bakar jenis bensin (Pertamax). Kesalahan ini tentunya akan memberikan dampak yang cukup fatal pada komponen mesin.

Bahkan hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada beberapa komponen vital, seperti fuel injection pump atau pompa injeksi bahan bakar dan juga nozzle.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, mesin diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, maka tidak boleh salah sampai menggunakan bahan bakar

Baca juga: Suzuki Gixxer 250 SF Mejeng di JAW 2022, Harga 49,3 Juta

2. Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?

Kia Carens 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kia Carens 2022

"Saat ini sudah bisa inden di JAW. Harga memang belum dirilis, nanti ada waktunya," ujar Ario, kepada Kompas.com (13/3/2022).

Meskipun belum mau mengungkap perihal harga jualnya, diperkirakan Carens terbaru bakal diposisikan di atas MPV di kelas 1.500 cc yang sudah beredar di Indonesia.

"Yang jelas dengan tipe mesin yang kita keluarkan dan kelengkapan sesuai press release, kita tidak main di MPV bensin 1.500 cc," ucap Ario.

Baca juga: Kia Akhirnya Luncurkan Carens Terbaru, Berapa Harganya?


3. Spesifikasi Kia Carens Terbaru, Lebih Besar dari All New Avanza

Kia Carens 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kia Carens 2022

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com