Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R1250 GS Versi Murah dari China, Pakai Mesin 500cc

Kompas.com - 18/02/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

BEIJING, KOMPAS.com - Setelah meniru Ducati Panigale V4 dan Streetfighter V4, pabrikan asal China, Moxiao, kali ini melahirkan motor baru Moxiao MX500-7D yang mengkopi desain BMW R 1250 GS.

Mengutip Rideapart, tampak jelas persamaan MX500-7D dengan R1250 GS. Kemiripannya dapat dilihat mulai fasia depan hingga belakang persis seperti motor adventure kebanggaan asal Jerman tersebut.

Baca juga: Perbandingan Teknis Toyota Voxy dan Nissan Serena, Siapa Unggul?

MX500-7D bahkan memakai lampu depan asimetris yang ikonik dan panel bodi persis dengan R1250 GS. Bagian belakang pun dibuat mirip dengan pegangan pannier yang sengaja diekspos.

Meski demikian sebaik-baiknya peniru pasti berbeda dengan produk asli. Proporsi MX500-7D tetap beda dengan R1250 GS. Suspensi depan juga beda, meski diketahui ban depan pakai cakram ganda.

Jantung pacunya juga beda kelas. Jika R1250 GS pakai mesin boxer 1200 cc, maka motor asal China ini ditenagai mesin 471cc, dengan bentuk 180 derajat, paralel-kembar yang juga merupakan tiruan.

Baca juga: Menguji Performa All New Isuzu mu-X di Trek Ekstrem

Bisa dikatakan demikian sebab mesin ini pada dasarnya merupakan tiruan dari mesin Honda CB500 yang "direkayasa terbalik". Mesin mampu menghasilkan 45 tk yang cukup mumpuni.

Meski desainnya ala R1250 GS tapi dari kubikasi motor ini bertarung dengan Benelli TRK 502. Walaupun dari pengalaman sebelumnya, motor hasil jiplakan biasanya hanya dijual di pasar lokal China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com