Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Makin Kompetitif, Melibas Tikungan Jadi Salah Satu Andalan

Kompas.com - 09/02/2022, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia, Aprilia terlihat makin kompetitif. Motor balap RS-GP terlihat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh pebalapnya, Aleix Espargaro, yang mengatakan bahwa motornya memiliki kemampuan yang luar biasa di tikungan.

Terlepas dari masalah bagian depan motor yang bergetar, tapi RS-GP sangat andal saat menikung. Menurut Aleix, motornya mustahil bisa melebar di tikungan.

Baca juga: Pebalap Aprilia Aleix Espargaro Kuasai Hari Pertama Tes Pramusim Sepang

RS-GP musim ini diklaim lebih ramping, lebih lincah, dan memiliki sasis, serta top speed yang lebih baik dibandingkan dengan musim lalu. Meski demikian, motor ini masih memiliki kekurangan.

Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)AHMAD FADALI Aleix Espargaro saat sesi tes pra-musim MotoGP 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (Photo by Ahmad Fadali / AFP)

"Bukan hanya motor lebih ramping, sasis juga berbeda. Sejak lap pertama di sirkuit ini, khususnya di tikungan cepat, Anda bisa tahu jika motor akan terjatuh," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (8/2/2022).

Aleix menambahkan, hal tersebut sangat membantu. Tapi, menciptakan masalah yang besar juga, karena di tikungan cepat, dengan kecepatan yang tinggi, motor menjadi lebih bergetar.

"Sepertinya, ini pertama kalinya saya membalap di Malaysia tanpa melebar. Mustahil untuk melebar di tengah tikungan. Anda bisa melaju sekencang apa pun yang Anda mau," kata Aleix.

Baca juga: Top Speed Yamaha Masih Rendah, Aprilia Terkencang di Shakedown Test

Aleix mengatakan, sulit dipercaya bagaimana motor bisa berbelok. Hanya saja, dia masih dibatasi dengan getaran yang ditimbulkan tersebut. Bahkan, Aleix terpaksa menutup gas sedikit saat masuk tikungan untuk menghindari getarannya muncul.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Aleix mengkhawatirkan saat kondisi balapan nantinya, di mana harus berada dalam grup bersama rival-rival lainnya. Kondisi tersebut membuatnya sulit mengeluarkan potensi RS-GP sebenarnya.

Meski demikian, Aleix berhasil membawa Aprilia menjadi yang tercepat pada hari pertama sesi tes pra-musim. Catatan waktunya secara keseluruhan menempatkan Aleix di urutan kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com