Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasati Rem Blong, Asosiasi Bengkel Sebut Perlu Modifikasi Rem Truk

Kompas.com - 31/01/2022, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan yang melibatkan truk angkutan berat semakin marak terjadi. Sebagian besar penyebabnya adalah rem blong.

Kasus yang belum lama terjadi adalah kecelakaan maut di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, yang menyebabkan banyak orang luka berat dan ringan, serta menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Cara Mengatasi Rem Blong Saat Mengemudi pada Mobil Manual

Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) Hermas Efendi Prabowo, mengatakan, pihaknya mendorong pemerintah mengenai perlunya modifikasi sistem rem pada kendaraan angkutan berat model lama.

Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.HO/TANGKAPAN LAYAR CCTV DISHUB B Tangkapan layar rekaman CCTV saat kecelakaan beruntun di turunan simpang Muara Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi sekitar pukul 06.15 Wita. Kecelakaan yang diduga karena truk mengalami rem blong itu mengakibatkan sedikitnya 4 orang tewas, 1 orang kritis, 3 orang mengalami operasi tulang patah, dan 5 orang luka ringan.

"Dari rem sistem angin dan hidrolis, menjadi sistem angin murni terutama khusus untuk sistem pengereman roda belakang," ujar Hermas, Senin (31/1/2022).

Hermas menambahkan, rem angin murni lebih aman, karena bila tekanan angin turun di bawah standar, sistem pengereman akan terkunci atau nge-lock. Aman untuk kendaraan berat saat menanjak atau saat turun, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Edukasi, Kunci Cegah Terjadinya Kecelakaan Truk akibat Rem Blong

"Banyak bengkel dan mekanik yang mampu melakukannya. Modifikasi tidak sulit, dan tidak butuh banyak biaya," kata Hermas.

Namun, perlu diketahui juga bahwa apapun jenis remnya, perawatan tetap yang utama. Sebab, banyak kasus rem blong pada truk yang diakibatkan kurangnya perawatan.

Kebiasaan sopir truk dalam mengangkut beban berlebih alias Over Dimension Over Loading (ODOL) juga berpotensi menyebabkan terjadinya kegagalan pengereman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com