Kompas.com - 31/01/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain merasakan sensasi berkendara dan performa Toyota All New Avanza ke luar kota, redaksi juga mencoba menakar konsumsi bahan bakar melalui data multi information display (MID).

Total perjalanan bolak-balik dari Jakarta-Purwakarta-Jakarta, menempuh jarak kurang lebih 215,9 kilometer (Km) dengan rute perkotaan dan jalan tol.

Selama perjalanan, redaksi cenderung menerapkan gaya berkendara kombinasi, yakni mengemudi normal dan sedikit agresif.

Baca juga: Bedah Fitur TSS All New Avanza yang Masih Tanggung

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Ketika ingin merasakan tenaga pada putaran atas dari mesin 1.500 cc yang sudah dibekali transmisi CVT 7 percepatan, atau saat akan menyalip kendaraan lain di depan, otomatis pedal gas di tekan lebih dalam.

Total, kurang lebih perjalanan ditempuh dalam waktu 4 jam. Sementara untuk kondisi jalan cenderung ramai lancar ketika di tol, serta medan rusak juga tanjakan landai yang panjang setibanya di Jatiluhur.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Jutaan di Semarang

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Dari hasil uji singkat tersebut, berdasarkan capaian di MID, All New Avanza dengan penggerak depan mencatatan konsumsi rata-rata 16,1 kpl. Artinya, dalam kondisi ini 1 liter bensin mampu digunakan untuk menempuh 16 km.

Angka BBM tersebut merupakan akumulasi selama perjalanan, sementara ketika melintas di jalan tol dan berkendara konstan pada kecepatan 80-90 kpj, MPV murah ini sempat menorehkan catatan konsumsi hingga 17,6 kpl.

Seperti diketahui, ada banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM pada mobil. Selain gaya berkendara, dan jenis BBM yang digunakan, medan yang ditempuh serta kondisi mobil juga ikut menentukan.

Baca juga: Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota All New Avanza

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Karena itu, terlepas dari perhitungan layar MID akurat atau tidak, namun setidaknya dari hasil pengetesan singkat sudah ada gambaran estimasi BBM Avanza baru yang kini telah ganti haluan menggunakan pengerak roda depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.