Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viar Makin Fokus ke E-bike, Jadi Jembatan ke Motor Listrik

Kompas.com - 17/12/2021, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di pengujung tahun 2021, Viar Motor Indonesia kembali meluncurkan dua model sepeda listrik atau e-bike, yaitu Viar U1 dan New Viar Akasha1.

Viar pertama kali terjun ke e-bike pada pertengahan 2020 di saat pandemi Covid-19. Kini, dengan adanya model baru tersebut, jajaran sepeda listrik Viar semakin banyak.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Motor adalah Bagian dari Hidup

Model pertama yang hadir ialah Viar Akasha dan Uno pada Agustus 2020, kemudian Viar Panama pada September, dan Viar Orion pada Desember, berlanjut Viar Caraka pada Januari 2021.

Viar U1 dan New Viar Akasha1Foto: Viar Viar U1 dan New Viar Akasha1

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia, mengatakan, Viar memang makin gencar di sepeda listrik, tetapi bukan berarti meninggalkan segmentasi motor listrik.

"Sebenarnya tidak (meninggalkan motor listrik) kita melihat dan punya target ke depan kita lebih fokus ke kendaraan listrik, sebab beberapa elemen sudah mulai aktif," katanya kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Frengky menyebut kehadiran beragam e-bike tersebut justru merupakan tanda keseriusan Viar bermain di segmen elektrifikasi.

Baca juga: Quick Shifter Yamaha All New R15 Bisa Beli Terpisah

Buku servis motor listrik Viar Q1Foto: dok. Viar Buku servis motor listrik Viar Q1

"Baik dari komunitas, perusahaan, maupun pemerintah (BUMN), kita mulai waktunya dan mulai lebih serius dan fokus ke kendaraan listrik. Jadi tidak sepeda saja, tapi bisa yang lain," katanya.

Meski demikian, Frengky tidak menampik bahwa penjualan e-bike saat ini cukup menjanjikan. Sehingga, tak salah pihaknya menawarkan beberapa model ke masyarakat.

"Total enam model, untuk sepeda (listrik) marketnya lebih luas kalau dibandingkan motor, karena harganya juga lebih bersaing, jadi secara pasar lebih," kata Frengky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com