Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Jalur Puncak-Cipanas Akan Ditutup Total

Kompas.com - 16/12/2021, 14:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Cianjur akan memberlakukan penutupan jalur menuju kawasan Puncak-Cipanas jelang malam pergantian tahun sebagai upaya menekan mobilitas warga setempat maupun dari luar Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, menjelang malam pergantian tahun,  jalur menuju kawasan tersebut akan ditutup pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB untuk mengantisipasi kemacetan.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Minyak Kayu Putih buat Bodi Kendaraan

"Sebelum ditutup, kita masih memperbolehkan kendaraan dengan nopol (nomor polisi atau pelat nomor) genap untuk melintas. Namun setelah pukul 20.00 WIB, jalur menuju Puncak-Cipanas dari berbagai arah mulai dari Cianjur akan ditutup, baik untuk kendaraan bernopol Cianjur atau luar kota," kata Doni dilansir Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Menjelang tahun baru, polisi masih tetap memberlakukan ganjil genap bagi kendaraan dari luar kota dan diberlakukan pemeriksaan secara acak.

Petugas mengalihkan kendaraan yang hendak menuju Puncak di Bunderan Cepu 8 Cianjur, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021), sejurus adanya penutupan jalur Puncak hingga petang nanti.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Petugas mengalihkan kendaraan yang hendak menuju Puncak di Bunderan Cepu 8 Cianjur, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021), sejurus adanya penutupan jalur Puncak hingga petang nanti.

Bagi pengendara yang tidak dilengkapi surat keterangan vaksin atau barcode yang diunduh melalui aplikasi Pedulilindungi akan diputarbalikkan.

Adapun empat pos pemeriksaan akan didirikan di perbatasan Cianjur dengan Sukabumi, Bogor, Bandung Barat, dan Kabupaten Bogor, tepatnya di kawasan Jonggol.

Baca juga: Wajib Diingat, Jangan Nyalakan Hazard Saat Hujan Deras

"Kami berupaya maksimal agar mobilitas warga tetap dibatasi, sebagai upaya antisipasi kembali mencuatnya kasus Covid-19. Kami juga berharap pendatang dari luar kota, tetap mematuhi aturan dan melengkapi diri dengan surat keterangan sudah divaksinasi," katanya.

Sementara itu, kebijakan yang sama juga diambil oleh Bupati Bogor, Ade yasin. Ade mengatakan, akan melakukan penutupan Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada saat malam tahun baru.

Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penutupan jalan di Kota Bandung pada malam hari.

Sebelumnya, penutupan jalan pada malam tahun baru juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor guna mengurangi mobilitas dan kerumunan masyarakat di kawasan puncak.

"Kita tutup karena biasanya tiap tahun juga sudah antisipasi. Jadi penutupan jalur Puncak berlaku seperti tahun sebelumnya," kata Ade.

Baca juga: Renovasi Sirkuit Sentul, Begini Perubahan pada Treknya

Namun untuk waktu dan durasi penutupan di jalur Puncak Bogor masih bersifat situasional dan tergantung kondisi di lapangan. Penutupan jalan akan diberlakukan baik bagi kendaraan maupun pejalan kaki guna mencegah terjadinya kerumunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com