Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Kita Adu, Yamaha R15M Vs All New CBR150R

Kompas.com - 09/12/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penghujung 2021 Yamaha justru makin gencar dengan merilis Yamaha R15M. Motor full fairing entry level ini mengalami ubahan baik eksterior dan tambahan fitur.

Kehadiran R15M juga menggairahkan segmen sport 150cc khususnya di merek Jepang, yang saat ini diisi oleh tiga nama salah satunya yaitu Honda CBR150R dan juga Suzuki GSX-R150.

Baca juga: Selama Libur Nataru Tidak Ada Penyekatan dan Ganjil Genap di Yogya

Yamaha R15MKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha R15M

Desain

Yamaha R15M yang baru meluncur membawa perubahan utama dari sisi desain. Yamaha menyebut desainnya memadukan karakter line-up motor berkapasitas mesin besar.

Tampilan barunya terlihat dari M-Shaped Intake Duct yang merupakan saluran udara berbentuk M diadopsi dari gaya YZR-M1. Lampu utama dilengkapi dengan projector LED dan ditambah dengan Twin Eyes LED Position.

Bodi motor pun dirancang memiliki fairing aerodinamis double layer, untuk menunjang posisi berkendara yang sporty khas balap, kombinasi fairing itu menghadirkan aura motor besar.

All New Honda CBR150RKOMPAS.com/Gilang All New Honda CBR150R

Adapun All New Honda CBR150R meluncur pada awal 2021. Desainnya mirip sang kakak CBR250RR. Kemiripannya terlihat di fasia depan dan bagian belakang dengan lampu bertingkat.

Pembedanya ialah dimensi, bodi CBR150R lebih kecil ketimbang CBR250R. Lekukan di bodinya juga tajam tapi detail-detailnya berbeda dengan CBR250R.

Spidometer Yamaha R15MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Spidometer Yamaha R15M

Fitur

R15M dibekali Quick Shifter yang menjadi salah satu fitur unggulan. Pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling tapi belum bisa untuk menurunkan gigi.

Selain itu, ada juga Assist & Slipper Clutch akan membuat tarikan kopling lebih ringan. Motor juga dibekali Y-Connect, yaitu fitur konektivitas serupa punya Nmax dan Aerox 155.

Sistem pengereman Dual Channel ABS yang berfungsi mencegah kedua roda terkunci saat hard braking. Tersedia juga Traction Control System (TCS) yang menjaga ban belakang selip.

Baca juga: Meski Ludes, Suzuki Tetap Bawa Ertiga FF Sport ke Surabaya

Honda All New CBR150RAHM Honda All New CBR150R

Suspensi depan upside down. Speedometer digital dengan opsi tampilan “Street” dan “Track.”. Street mode, buat harian, sementara Track mode dan menunjukan waktu lap tercepat dan terlambat.

Adapun CBR150R juga mengandalkan suspensi depan upside down. Suspensi depan diameter as 37 mm dengan tabung warna emas tipe Separated Front Fork - Big Piston (SFF-BP) dari Showa.

Assist and Slipper Clutch membuat kopling lebih enteng dan mengurangi gaya engine brake. Fitur Assist untuk mengurangi beban pengoperasian clutch lever sekitar 15 persen dibandingkan dengan standar.

Swing arm alumunium baru milik Yamaha R15MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Swing arm alumunium baru milik Yamaha R15M

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com