Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut WSBK Mandalika, Kemenhub Gelar Simulasi Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 09/10/2021, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan simulasi manajemen rekayasa lalu lintas alias Tactical Floor Game (TFG).

Sektetaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan, melalui simulasi ini, diharapkan mobilitas pergerakan orang dan kendaraan saat acara dimulai dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, tertib, dan sehat, dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

"Kemenhub dan seluruh pemangku kepentingan lainnya telah berkolaborasi dan menyepakati bahwa adanya event ini harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Djoko dalam keterangan resminya, Sabtu (9/10/202).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Siap Gelar Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Februari 2022

Lebih lanjut Djoko mengatakan, semua pihak terkait tengah menyiapkan rencana operasi yang terstruktur dan terukur, mulai dari persiapan, pelaksanaan, sampai selesainya acara.

Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan Aprildok BBC Indonesia Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April

Kemenhub sendiri juga sudah memberikan dukungan dari sisi sarana dan prasaranan transportasi di Lombok guna berlangsungnya acara.

Untuk moda darat, ada kajian manajemen dan rekaysa lalu lintas dengan membuat moda shifting dari kendaraan pribadi ke angkutan umum dari simpul transportasi menuju Sirkuit Mandalika.

Operasional Penyelenggaraan Angkutan shuttle bus yang melayani pergerakan penonton di sekitar kawasan DPSP Mandalika, subsidi Operasional Angkutan Antar Moda dari dan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika.

Masih ada lagi, yakni pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan perlengkapan jalan dan bantuan teknis pembangunan perlengkapan jalan di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, dan Peningkatan Pelayanan Angkutan Penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok, peningkatan Bandar Udara International Zainuddin Abdul Madjid, dan pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas.

Baca juga: Ini Kalender Sementara MotoGP 2022, GP Mandalika Digelar Maret

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, penerapan simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas ini untuk memberikan gambaran terkait pelaksanaannya di lapangan.

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

"Melalui simulasi ini diharapkan kita siap manakala menghadapi situasi yang tidak diinginkan," ucap Budi.

Federation Internationale de Motcyclisme (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor World Superbike (WorldSBK) perdana pada November 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com