Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Legenda Kevin Schwantz Kenang Momen Pertama Bertemu Rossi

Kompas.com - 09/10/2021, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kevin Schwantz merupakan salah satu pebalap legendaris balap motor. Saat MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Texas, Schwantz sempat berkunjung dan bertemu dengan Valentino Rossi.

Saat bertemu, Schwantz terlihat membawa helm Arai dengan motif khas dirinya yang dihiasi dengan angka 46 dan kura-kura, jimat keberuntungan Rossi. Keduanya akhirnya saling bertukar helm.

Baca juga: Valentino Rossi Kecam Penyelenggara Moto3

Schwantz mengatakan, Rossi sudah memberikan olahraga balap motor ini hubungannya dengan penggemar. Rossi sudah meninggalkan MotoGP para pebalap muda dari VR46 Academy.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Menurut pebalap Amerika tersebut, meskipun Rossi pensiun, tapi dampak yang diberikan pada ajang balap motor internasional ini akan tetap bisa dirasakan.

Schwantz lalu mengenang pertemuan pertamanya dengan Rossi. Saat itu, Aldo Drudi, desainer helm yang juga mendesain helm Rossi, menyarankan Schwantz untuk melihat aksi Rossi saat balapan.

Baca juga: Sudah Tidak Muda Lagi, Rossi Kesulitan Balapan di MotoGP AS 2021

"Saat itu menyenangkan, dan pada poin tertentu, saya sadar dia jauh lebih kencang dari yang lainnya. Dia menggunakan replika helm saya. Lalu, ketika dia datang ke Kejuaraan Dunia, dia menjadi teman yang sangat luar biasa," ujar Schwantz, dalam wawancaranya dengan Sky, dikutip dari GPone.com, Jumat (8/10/2021).

Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi melewati para suporternya pada balapan MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9/2021) malam WIB.AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi melewati para suporternya pada balapan MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9/2021) malam WIB.

Schwantz menambahkan, dia pertama kali bertemu dengan Rossi di Livigno, Italia, pada 1989. Rossi tak hanya balapan, tapi juga gemar bermain ski.

"Saya selalu melihat semangat yang sama dalam dirinya, termasuk sekarand di Academy miliknya. Dia selalu ingin menjadi yang terbaik. Dia mencapai titik dalam karirnya di mana dia tidak bisa lagi menarik diri di depan semua orang," kata Schwantz.

Menurutnya, Rossi akan selalu mendominasi dalam MotoGP. Meskipun, hanya menonton dari tribun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com