Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jadwal Ganjil Genap dan Satu Arah di Jalur Puncak Bogor

Kompas.com - 09/10/2021, 07:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Skema lalu lintas ganjil genap kembali diterapkan selama akhir pekan ini, 8-10 Oktober 2021, di Jalur Puncak Bogor.

Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem tersebut guna menekan volume kendaraan di kawasan wisata tersebut pada masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten bogor.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian menjelaskan bahwa penerapan skema ganjil genap di kawasan Puncak ini diberlakukan tiap Jumat-Minggu dengan waktu yang berbeda-beda.

Baca juga: Bus Baru PO Juragan99, Premium dari Sasis sampai Kabinnya

Petugas kepolisian tengah mengatur Rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah turun ke bawah atau Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas kepolisian tengah mengatur Rekayasa lalu lintas sistem one way atau satu arah turun ke bawah atau Jakarta di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2021).

"Ganjil genap kita mulai hari ini Jumat, jam 14.00 WIB. Tapi kalau Sabtu dan Minggu itu kita mulai jam 06.00 pagi," kata Ardian, dilansir dari Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

Tidak ada perubahan lokasi penerapan ganjil genap. Ardian menyebutkan, ganjil genap masih diberlakukan di 8 titik pemeriksaan. 6 titik berada di Puncak Bogor, dan 2 titik lainnya di Kawasan Sentul.

Selain itu, Satlantas Polres Bogor juga mengkombinasikan skema ganjil genap dengan sistem lalu lintas one way alias satu arah menuju Jakarta.

Baca juga: Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

Penerapan one way ini akan berlaku setiap Sabtu pukul 12.30 WIB. Berikutnya disusul pada Minggu mulai pukul 11.30 WIB.

"Kalau one way ke bawah (arah Jakarta) memang sudah ditentukan, biasanya kita terapkan mulai Sabtu jam 12.30 dan Minggu jam 11.30. Sedangkan untuk hari Jumat tidak ada one way, hanya pengaturan di titik-titik macet saja," kata Ardian melanjutkan.

Sistem one way dipilih jadi solusi untuk memecah kepadatan volume kendaraan yang naik dan turun di Kawasan Puncak selama akhir pekan. Untuk kendaraan yang hendak menuju Puncak saat one way diberlakukan, bakal dihentikan sementara di Exit Tol Ciawi atau sekitar Pospol Simpang Gadog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com