Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyalip Lewat Bahu Jalan, Bus Senggol Guard Rail Jalan Tol

Kompas.com - 29/09/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan kecelakaan bus. Perekam berada di dalam bus dan sedang mendokumentasikan perjalanannya.

Dilihat dari videonya, bus sedang berjalan malam hari di jalan tol. Ketika mau menyalip truk yang ada di lajur kiri, bus memilih untuk memakai bahu jalan. Sayangnya bagian depan kiri bus menyenggol guard rail yang ada di tepi jalan tol.

Alhasil, kecelakaan terjadi, membuat bus terperosok ke pinggir aspal dan nyaris terguling.

Aksi bus menyalip kendaraan lewat bahu jalan memang sering dilakukan, apalagi di Jalan Tol Trans Jawa. Bus seakan saling memacu kecepatan, ingin lebih cepat dari bus lainnya.

Baca juga: Video Aksi Pemalakan dan Pelemparan Batu di Tol Medan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menyalip dari bahu jalan sering dilakukan oleh pengemudi yang tidak menggunakan akal sehatnya.

“Mereka harus paham bahanya besar ketika melaju di bahu jalan. Mengingat bahu jalan lebih sempit, licin, serta kasar permukaannya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Sony mengatakan, bahu jalan hanya ideal jika dilewati dengan kecepatan yang rendah dan bukan untuk mendahului. Jadi jangan pernah menyalip dari bahu jalan walaupun terlihat kosong, tetapi ada bahaya yang tersembunyi.

Baca juga: Video Pengemudi Mobil Refleks Hindari Mobil Terguling di Tol

“Berkendara cepat di lajur lambat, terutama bahu jalan adalah salah satu keputusan pengemudi untuk melakukan kecelakaan,” kata Sony.

Sayangnya para pengemudi bus masih merasa aman-aman saja ketika menyalip dari bahu jalan. Kecelakaan yang sering terjadi dianggap hanya musibah, bukan suatu hal yang sebenarnya bisa diantisipasi.

“Menekan risiko kecelakaan salah satunya dengan menyelaraskan kecepatan masing-masing kendaraan sesuai dengan aturan lalu lintas,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com