Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adab Berkendara Motor di Jalan Berkelok Tanpa Marka

Kompas.com - 13/09/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan di Indonesia sangat beragam, mulai dari perkotaan yang relatif rata, sampai naik-turun berkelok di pegunungan. Pada beberapa lokasi, bahkan masih ada jalan tanpa marka.

Misalnya seperti yang terlihat pada video dashcam Indonesia di Instagram. Mobil perekam sedang berjalan, namun dari arah berlawanan ada pengendara motor yang hampir menabrak karena mengambil lajur orang lain.

Beruntung pengendara motor bisa menghindar, jadi kecelakaan bisa dihindari. Sayangnya, masih ada saja pengendara motor yang kurang paham bagaimana adab atau kepatutan berkendara yang baik di jalan tanpa marka seperti di video.

Baca juga: Banyak Motor Gagal Lewati Tanjakan Cinomati, Begini Tekniknya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani akan memberikan beberapa tips bagaimana cara berkendara yang baik di jalanan tanpa marka. Pertama adalah selalu berada di sisi kiri jalan saat berkendara.

“Karena jalanan tadi dua arah, sehingga jangan terlalu ke bagian tengah, apalagi berada di sisi kanan jalan," ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Kedua, ketika masuk ke jalanan yang menikung, selalu kurangi kecepatan dan tetap pada sisi kiri jalan. Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika melewati tikungan yang tidak dapat terlihat bagian depannya.

Baca juga: Pakai Ambulans Palsu buat Liburan ke Puncak, Ini Ancaman Pidananya

“Ketiga, hindari menikung dengan kecepatan tinggi. Hal ini akan memakan banyak ruang di jalan untuk bisa melewati tikungan,” kata Agus.

Terakhir, selalu berhati-hati dan waspada kendaraan dari arah depan saat melewati jalanan tanpa garis marka di tengah jalan. Lalu jaga kecepatan agar bisa mengantisipasi semua potensi bahaya yang bisa saja terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com