Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Posisi Tutup Tangki Solar pada Bus

Kompas.com - 13/09/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu moda transportasi yang masih digunakan sampai saat ini. Bus bisa membawa banyak orang dalam satu kendaraan dan memiliki jarak tempuh yang cukup jauh.

Untuk bisa menempuh jarak yang jauh, bus juga memiliki kapasitas tangki solar yang besar. Beberapa merek bus memiliki kapasitas tangki solar yang berbeda-beda, setidaknya mulai dari 250 liter sampai 400 liter.

Jika dibandingkan dengan mobil penumpang biasa, umumnya posisi tutup tangki bensin ada di bagian samping agak belakang, baik di kiri atau kanan. Biasanya bentuk tutupnya bisa bulat atau kotak, ada di atas roda belakang.

Baca juga: Pahami Rumus 3 Detik Keramat Saat di Jalan Tol

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GALLERY BUS INDONESIA (@gallery_bus.indonesia)

 

Lalu untuk bus, di mana posisi tutup tangki solar?

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, posisi tutup tangki solar bus mengikuti posisi bawaan dari sasisnya. Namun kebanyakan tangki bus berada di dekat roda depan, sehingga tutupnya berada di samping depan.

“Biasanya lubangnya di kiri depan, di atas wheel house. Tapi ada juga yang kanan dan kiri ada lubangnya, seperti sasis Scania,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021, Bagnaia Menang, Quartararo Terus Memimpin

Untuk bentuk tutupnya, buatan karoseri Laksana, berbentuk bulat atau kotak, seperti mobil penumpang pada umumnya. Namun untuk bodi khusus seperti XHD Prime yang punya tinggi bodi sekitar 3,9 meter, posisi tutup tangki ada di dalam kompartemen.

“Untuk bodi XHD, kompartemen yang ada di atas roda depan bisa dibuka, jadi di dalamnya ada saluran ke tangki solar,” kata Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com