Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Keamanan Mini Cooper 5-Door 2021

Kompas.com - 05/09/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas desain, interior dan perfoma Mini Cooper 5-Door terbaru, kini giliran tim redaksi Kompas.com membahas tentang fitur keselamatan yang sudah disematkan pada generasi keempat produk lini Mini ini.

Untuk pertama kalinya, Mini Cooper 5-Door disematkan paket system Driving Assistant. Fitur ini juga menjadi standar di semua varian Mini 2021.

Sytem Driving Assistant ini menggunakan kamera sebagai basis kalkulasinya untuk menambah keamanan pengemudi saat digunakan di jalan raya dengan mengenali batas kecepatan.

Baca juga: Terios Nekat Lawan Arah Saat Macet, Bukti Pengemudi Minim Solidaritas

Ada tiga fitur yang bisa diaktifkan oleh pengemudi, pertama collision warning dan pedestrian warning dengan fungsi city braking, sehingga membuat mobil ini semakin mudah keluar dari kondisi berbahaya, khususnya pada lalu lintas dalam kota.

Fitur intelligent system Mini Cooper 2021Kompas.com/ApridaMegaNanda Fitur intelligent system Mini Cooper 2021

Kedua, fitur Park Distance Control dengan sensor dan kamera mundur, juga fungsi cruise control dengan aplikasi rem hadir di model baru ini.

Terakhir, fitur baru Lane departure warning yang membuat pengemudi tetap di jalurnya saat mengemudi di kecepatan 70 sampai 210 km per jam (kjp).

Fitur ini dapat menghindari perpindahan lajur secara mendadak, lantaran adanya system yang membaca marka jalan.

Nantinya akan ada peringatan melalui getaran setir ketika pengemudi berpindah lajur secara tidak sengaja.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Mini Cooper 5-Door 2021 juga sudah dilengkapi dengan fitur active cruise control dengan stop and go function.

Alhasil mobil bisa melaju secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Fitur ini juga memungkinkan Mini mengatur sendiri kecepatannya, mulai dari 30 kpj sampai 140 kpj.

Selain itu, fitur standar seperti Anti Lock Braking System, Child Safety Locks, Airbags, Brake Assist, Engine Check Warning, Vehicle Stability Control System, dan Electonic Brake Distribution (EBD) juga sudah disematkan di Mini Cooper 5-Door 2021 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com