Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kisaran Harga Pasang Central Lock Mobil

Kompas.com - 13/06/2021, 19:41 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Central lock merupakan salah satu fitur keamanan yang terpasang pada mobil. Dengan hanya menekan satu tombol saja, empat pintu mobil dapat terkuci secara otomatis secara bersamaan.

Dengan fitur kunci otomatis ini, pengemudi tidak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci pada saat melakukan perjalanan.

Hal ini sangat berguna pada saat membawa penumpang anak kecil yang kadang suka memainkan panel pintu mobil.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Semarang, Dapat Starlet sampai BMW

Untuk mobil keluaran terbaru, fitur ini sudah sperti fitur wajib yang digunakan. Namun untuk mobil keluaran lama, masih ada yang belum memakai fitur keamanan ini.

Ilustrasi servis central lock pada kendaraan roda empat.youtube Ilustrasi servis central lock pada kendaraan roda empat.

Jika ingin memasang central lock pada mobil lama, ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau. Heru, salah satu pegawai bengkel spesialis pintu mobil Primandiri di Solo, Jawa Tengah mengatakan, pemasangan central lock pada mobil berkisar Rp 100.000.

Baca juga: Segera Meluncur, Intip Desain All New Honda Civic Hatchback

"Kalau pasang central lock itu bisa, harganya Rp 100.000 untuk satu pintunya. Kalau empat ya Rp 400.000," kata Heru kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Pemasangan central lock dengan harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan. Namun pengunci otomatis yang dipasangkan bukan yang bawaan dari mobil melainkan central lock yang universal bisa dipakai untuk semua mobil.

Motor central lock Mercy yang berada di bawah jok belakang mobil.Ghulam/Otomania Motor central lock Mercy yang berada di bawah jok belakang mobil.

"Nanti dicek dulu kunci-kuci pintunya itu ada yang rusak atau tidak, kalau tidak ada kendala bisa langsung dipasang. Kalau ada yang rusak ya harus diperbaiki dulu," ucap Heru.

Baca juga: Ini Daftar 10 Mobil Terlaris pada Mei 2021, Xpander Paling Banyak

Sedangkan jika pemilik mobil ingin memasang pengunci otomatis yang sudah menggunakan alarm tentu saja harganya juga berbeda. Harga Bervariasi tergantung merek dan kualitas alarm yang digunakan.

Untuk pemasangan central lock dengan menggunakan alarm, kisaran harga yang ditawarkan yakni sekitar Rp 250.000 sampai dengan Rp 650.000. Tergantung merek dan kualitas alarm yang ingin dipasangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com