Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Riding Gear yang Wajib Dipakai Biker Saat Terabas Jalur Off Road

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor yang digunakan untuk di jalan aspal berbeda dengan di jalur tanah atau off road. Begitu pula dengan perlengkapan berkendaranya.

Berkendara off road menggunakan motor trail atau adventure. Pada trek off road, diharuskan melewati medan-medan yang berbeda dari biasanya, seperti jalanan berbatu, sungai, pasir, tanah dan lainnya.

“Namun, ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum berkendara ke jalur off road, mulai dari menyiapkan sepeda motor yang prima hingga perlengkapan berkendara atau riding gear yang tepat,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya.

Berikut riding gear untuk berkendara off road yang dibutuhkan untuk menimalisasi risiko terjadinya kecelakaan:

1. Helm

“Bagian rahang dibuat lebih panjang bertujuan agar mempermudah pengendara bernafas dengan siruklasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. Pada bagian atas atau pet cross berfungsi untuk melindungi tubuh dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah pengendara,” kata Ludhy.

2. Goggle Helm

3. Body Protector

“Semua bertujuan untuk melindungi pengendara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur off road,” ujar Ludhy.

4. Sepatu

5. Sarung Tangan
Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus untuk off road dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya.

“Hal ini bertujuan untuk membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakkan jari-jarinya,” kata Ludhy.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/18/120200515/5-riding-gear-yang-wajib-dipakai-biker-saat-terabas-jalur-off-road

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke