Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin, Sudah Tahu Cara Memegang Setang Motor yang Benar

Kompas.com - 11/05/2021, 11:22 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor adalah keahlian yang bisa dilatih. Pengendara sepeda motor dengan keahlian dan pengetahuan tentang berkendara akan lebih aman baik dari diri sendiri, penumpang, atau pengendara lain.

Baca juga: Jangan Panik Saat Mengalami Rem Blong, Begini Cara Antisipasinya

Salah satu yang perlu dipahami adalah cara aman dalam memegang kemudi alias setang sepeda motor. Masih ada orang yang memegang hand grip dengan tangan terbalik yang membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengendarai sepeda motor dengan posisi memegang kemudi yang salah akan beresiko sehingga membahayakan.

Naik motor tangan dibalikhipwee.com Naik motor tangan dibalik

"Jadi cara seseorang memegang kemudi itu untuk menjaga keseimbangan dengan baik. Selain itu, dengan memegang handle gas atau kemudi yang benar, pengendara akan lebih mudah dalam melakukan manuver, " Kata Agus kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Agus juga mengatakan, cara memegang kemudi yang benar sebaiknya ibu jari ada di bagian bawah dan telapak tangangan mengahdap ke bawah. Supaya ketika ada gangguan seperti jalan rusak atau berlubang pegangan pengemudi menjadi lebih kuat.

Jika memegang handle gas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari berada di atas, dikhawatikan saat ada lubang atau jalanan rusak dan motor terguncang, pegangan kemudi akan terlepas.

Ilustrasi berkendara atau riding.Dok. Shutterstock Ilustrasi berkendara atau riding.

"Kemudian berikan jarak satu jari pada bagian dalam setang motor. Jangan terlalu rapat ke bagian dalam atau dashboard motor, supaya pergerakan ketika narik gasnya itu lebih nyaman," ucap Agus.

Baca juga: Rendering Suzuki GSX-S150 Baru, Mirip GSX-S1000

Posisi jari yang aman dalam memegang kemudi juga harus menggenggam penuh pada tuas gas. Ketika akan melakukan pengereman, baru lakukan pengereman dengan menggunakan empat jari agar gas tertutup penuh dan membantu dalam pengereman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com