Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Sering Terjadi, Salah Keluar Pintu Tol

Kompas.com - 01/05/2021, 03:04 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jalan tol yang sudah semakin banyak di Indonesia menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di perkotaan.

Selain itu keberadaan jalan tol juga memudahkan pengemudi saat melakukan perjalanan dan membuat waktu tempuh perjalanan menjadi semakin cepat.

Baca juga: Simak Estimasi Harga Toyota Raize

Tapi, hampir semua pengemudi pernah mengalami salah keluar pintu tol. Mulai dari yang pintu tol yang terlewat atau salah baca rambu penunjuk jalan. Alhasil, perjalanan harus putar balik sampai cari jalan alternatif.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan ada banyak faktor yang membuat pengemudi lupa dengan pintu keluar tol yang dituju. Salah satunya adalah kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan rambu.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri)Hutama karya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri)

"Kadang karena terlena dengan kecepatan, pengemudi selalu mengambil lajur kanan sehingga tanpa sadar terlewat pintu keluar tol yang dituju," kata Marcell kepada Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Polisi Pastikan Penyekatan Mudik di Jawa Timur Sudah Siap

Untuk itu Marcell membagikan tips agar pengemudi tidak terlewat atau dapat mengantisipasi pintu keluar tol yang akan dituju.

Pertama, rencanakan perjalanan. Pastikan lakukan perencanaan rute mana yang akan dilalui. Dengan memahami rute dan daerah tujuan maka hal seperti terlewat pintu tol tidak akan terjadi.

Kondisi jalan tol.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kondisi jalan tol.

Kedua, pastikan selalu memperhatikan rambu informasi arah jalan, jangan sampai ada distraksi saat mengemudi. Sebelum pintu tol tentu akan ada rambu pengingat yang menunjukkan informasi mengenai jalur yang harus diambil. Pastikan untuk konsentrasi dan memahami rambu yang ada di jalan tol.

Baca juga: Prediksi Harga Daihatsu Rocky, Termurah Rp 180 Jutaan

Ketiga, pengemudi dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Maps atau Waze untuk menginformasikan kapan kita harus keluar tol. Namun, pada saat menggunakannya disarankan untuk tidak terlalu sering melihat ke aplikasi, lebih aman gunakan perintah suara ketimbang melihat ke ponsel.

Keempat, jika sudah terlanjur terlewat, keluar di pintu tol berikutnya dan cari jalur baru. Jangan pernah mundur kembali di pinggir tol, bahkan untuk memutuskan berhenti di tengah jalan. Aksi ini berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com