Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Bus Eksekutif Trayek Jakarta - Surabaya April 2021

Kompas.com - 19/04/2021, 17:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP jadi salah satu transportasi umum andalan masyarakat untuk melakukan perjalanan lintas provinsi via jalur darat.

Untuk trayek Jakarta - Surabaya sendiri, banyak Perusahaan Otobus (PO) yang bermain di kelas eksekutif untuk rute ini. Apalagi sejak adanya jalan tol Trans Jawa.

Sebut saja PO bus seperti Haryanto, Sinar Jaya, Pahala Kencana, Sari Indah, KYM Trans, dan lain sebagainya.

Sudah dipastikan pula, sebagian PO bus akan menaikkan harga tiket mulai akhir April mendatang. Hal tersebut umum terjadi ketika arus mudik mulai terlihat.

Baca juga: Honda India Bantah Pernyataan Bakal Relokasi Pabrik ke Indonesia

Salah satu armada PO KYM Trans dengan ciri khas livery Hello KittyKYM Trans Salah satu armada PO KYM Trans dengan ciri khas livery Hello Kitty

"Untuk kelas executive plus konfigurasi kursi 2-1 saat ini di harga Rp 325.000. Untuk yang executive biasa Rp 295.000. Naik mulai tanggal 28 April nanti kira-kira sekitar 2 kali lipat," ungkap salah satu agen PO KYM Trans kepada Kompas.com belum lama ini.

PO bus dengan ciri khas livery tokoh kartun Hello Kitty ini belum memberikan angka pasti untuk kenaikan tarif bus AKAP kelas eksekutifnya.

Sementara itu, dari PO Haryanto sendiri telah mengumumkan angka pasti kenaikan tarif bus kelas eksekutif melalui sosial medianya. Untuk trayek Jakarta - Surabaya, pada 23 April tarifnya naik dari Rp 370.000 menjadi Rp 420.000. Lalu pada 30 April naik lagi menjadi Rp 600.000.

Baca juga: Begini Cara Benar Mengecas Baterai Mobil Listrik

Terminal Terpadu Pulo Gebang di Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (13/4/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Terminal Terpadu Pulo Gebang di Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (13/4/2021).

Redaksi Kompas.com telah menghimpun harga tiket bus AKAP dari beberapa PO bus pada April 2021 ini. Harga yang akan dijabarkan di bawah belum mengalami kenaikan alias masih tarif normal.

Paling murah ada PO Sari Indah dengan tarif Rp 210.000 untuk kelas layanan eksekutif. Bus PO Sari Indah memulai keberangkatannya dari Terminal Kalideres.

Untuk PO Pahala Kencana, kelas layanan eksekutifnya dipatok tarif Rp 290.000. Titik keberangkatan untuk bus milik PO Pahala Kencana ini ada di Pasar Rebo.

Baca juga: Upaya Dishub Atasi Potensi Kepadatan Lalu Lintas Imbas Diskon Pajak

Bus Pahala Kencana yang melayani angkutan mudik di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Senin (21/7/2014).Kompas.com/Robertus Belarminus Bus Pahala Kencana yang melayani angkutan mudik di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Senin (21/7/2014).

Ada pula PO Sinar Jaya dengan harga tiket Rp 260.000 untuk kelas layanan eksekutifnya. PO Sinar Jaya memiliki beberapa titik keberangkatan seperti Terminal Pulo Gebang, Tanjung Priok, dan Kampung Rambutan.

Perusahaan BUMN pun juga bermain pada trayek Jakarta - Surabaya. PO DAMRI menawarkan harga tiket Rp 337.500 untuk kelas layanan Royal Class. Fasilitas yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan kelas layanan eksekutif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com