Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Custom PO Transport Express Buatan Karoseri Morodadi Prima

Kompas.com - 16/03/2021, 17:27 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati Ramadhan 2021, berbagai Perusahaan Otobus (PO) mulai memperbarui tampilan dari armadanya.

Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian dari penumpang karena armada yang digunakan masih baru dan modern.

Misalnya PO Transport Express yang baru saja merilis satu unit armadanya dari karoseri Morodadi Prima. Bodi yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1526 yaitu Grand Tourismo Double Glass.

Marketing karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, bodi bus baru milik PO Transport Express ini adalah facelift, jadi tidak mengubah seluruh bagian bodi.

Baca juga: Harga Hatchback Bekas Setelah Diskon Pajak, Yaris Mulai Rp 140 Jutaan, Jazz Gen3 Rp 170 Jutaan

Bus AKAP PO Transport Express
DOK. MORODADI PRIMA Bus AKAP PO Transport Express

"Asalnya Grand Tourismo Single Glass, di-facelift menjadi model double glass. Selain depan, ada juga ubahan di sisi samping dan belakang," ucap Donny kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Mengubah tampilan bus menjadi double glass memang sedang tren saat ini. Bahkan penumpang lebih meminati tampilan bus dengan kaca ganda karena modelnya yang gagah, seperti bus tingkat.

Kemudian, untuk bagian depan memang sedikit berbeda dengan Tourismo milik Damri maupun PO ANS. Donny mengatakan, di karoseri Morodadi Prima, pembeli banyak yang request akan seperti apa tampilannya.

Baca juga: 8 Kebiasaan Buruk Pengemudi Bus dan Truk di Indonesia

"Jadi bodi Grand Tourismo ini banyak versinya baik tampilan depan maupun belakangnya. Misalnya seperti bus milik PO Bimo dan PO Eka," kata Donny.

Ubahan di sisi samping, ada tambahan selendang atas, kaca samping depan dan kaca samping belakang. Sedangkan untuk bagian belakang, hanya ada sedikit ubahan di bagian bumper.

Untuk kabin, PO bus asal Sumatera ini menggunakan susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2). Lalu di bagian belakang kabin, disediakan smoking room dan toilet bagi penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com