Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Aksi Wheelie di Jalan Raya Berakhir Cium Aspal

Kompas.com - 08/02/2021, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini sering terlihat aksi pengendara motor yang coba pamer kemampuan di jalan raya. Kondisi jalan sepi sedikit, mendorong biker muda melakukan aksi wheelie atau kebut-kebutan.

Sepeerti contoh video yang diunggah oleh aku instragram @dashcamindonesia. Dalam aku tersebut, terlihat pengendara motor yang sedang berboncengan melakukan aksi wheelie atau mengangkan ban depan motor selagi melaju di jalan umum.

Baca juga: Tidak Ada Ganjil Genap di Jalur Puncak, tapi Wajib Bawa Hasil Rapid

Pengemudi pun tidak dapat mengendalikan laju kendraannya, hingga mereka jatuh ke aspal. Nahasnya, baik pengemudi maupun penumpang tersebut tidak memakai helm untuk melindungi kepalanya.

Terkait hal ini, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, tindakan akrobatik jika dilakukan tidak di dalam suatu acara atau area terbatas, tentu itu ilegal. Apalagi jika dilakukan di jalan umum yang sedang ramai pengendara motor dan mobil. Sebab, itu membahayakan dirinya dan orang lain.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Sesepi apapun jalan raya, itu tetap saja ruang publik. Idealnya untuk melakukan aksi seperti itu di ruang tertutup, entah di lapangan atau area parkir yang mudah dilakukan sterilisasi,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jusri menambahkan, jika tidak terjadi kecelakaan, tak hanya akan merusak fasilitas umum. Tapi, berpeluang mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

“Sebenarnya, ini akal sehat saja. Boleh saja melakukan aksi seperti itu, tetapi harus di tempat-tempat tertentu, bukan di tempat umum seperti jalan raya,” kata Jusri.

Baca juga: Begini Sensasi Performa Kijang Innova di Jalur Perkotaan

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menyarankan, ketika kita melihat atau berada disekitar pengendara yang melakukan aksi wheelie, sebaiknya kita cuek saja.

“Lebih baik mencari jalan atau lajur yang aman agar tidak terlibat kecelakan. Lalu bisa melaporkan kejadian tersebut kepada polisi yang bertugas di jalan raya, biar mereka yang mengambil tindakan,” ucap Agus.

Agus mengingatkan, tujuan dari berkendara adalah sampai ketujuan, untuk itu sebaiknya tetap cari aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com