Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Diabaikan, Begini Posisi Berkendara Motor yang Benar

Kompas.com - 03/02/2021, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Posisi berkendara sangat berpengaruh pada ergonomi. Jika salah, bisa membuat pengendara sepeda motor jadi cepat lelah, pegal, dan kurang konsentrasi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, sering kali pengendara kurang memperhatikan postur tubuh yang tepat ketika naik motor sehingga jadi cepat lelah.

“Kelelahan karena berkendara bisa menjadi pengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan lebih parah bisa memicu terjadinya kecelakaan,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Agus mengatakan, setidkanya ada tiga postur berkendara yang kurang diperhatikan pengendara motor. Ketiganya meliputi siku, lutut dan juga kaki.

Baca juga: Jangan Ngebut, Persimpangan Jadi Titik Paling Rawan Kecelakaan

Siku

Sering terjadi siku terlalu lurus saat memegang setang. Untuk tipe motor sport biasanya terjadi karena posisi setang yang rendah.

Kerap juga terjadi karena pengendara duduk terlalu belakang sehingga tangan jadi lurus saat memegang setang.

Padahal, menurut Agus, posisi siku yang benar saat naik motor yakni sedikit ditekut. Hal ini supaya tangan dan pundak lebih rileks.

“Posisi siku tangan sedikit menekuk untuk meredam guncangan dari motor. Posisi ini dilakukan agar guncangan yang ditimbulkan dari roda depan dapat ditahan oleh siku, tidak langsung ke pundak,” kata Agus.

Ilustrasi pengendara motorSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor

Lutut

Posisi lutut ketika mengendarai motor yang memiliki tangki di tengah seperti motor sport dan skuter matik berbeda.

“Posisi lutut menempel ringan di tangki motor, jika naik motor bebek atau matik lutut agak masuk ke dalam sayap motor,” ujar Agus.

Untuk motor sport, lutut dianjurkan untuk menjepit tangki untuk meningkatkan pengendalian motor. Sedangkan di bebek atau matik, agar sesuai dengan lebar bodi.

Baca juga: Upaya Operator Bus Tingkatkan Kebersihan Kabin

Kaki

Biasanya terlihat pada skutik, umumnya yang entry level. Pengendara menaruh kaki di footstep penumpang. Padahal dari sisi kenyamanan dan estetika kurang baik.

“Masih banyak biker yang menempatkan kakinya di footstep penumpang. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com