Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tips Mendahului Kendaraan Besar di Jalan Raya

Kompas.com - 14/01/2021, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai mobil di jalan raya tentunya akan bertemu dengan berbagai macam kendaraan, misalnya bus atau truk. Kadang sering timbul perasaan kalau ingin menyalip kendaraan yang panjang tadi.

Mengemudi di belakangnya juga bukan posisi yang aman, pandangan ke depan pengemudi terhalang oleh besarnya dimensi truk atau bus. Namun jika ingin menyalip kendaraan yang panjang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang harus dipastikan pengemudi sebelum ingin menyalip truk atau bus, yaitu aman, diperbolehkan, perlu, dan mampu.

Baca juga: Pesan All New CBR150R, Sampai di Garasi Akhir Januari 2021

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

“Pertama aman, tidak ada kendaraan dari belakang yang juga ingin menyalip. Lalu kendaraan yang ada di depan truk cukup jauh sehingga mobil bisa masuk kembali setelah menyalipnya,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (9/1/2021).

Kemudian, pastikan pengemudi truk atau bus tahu kalau ingin disalip dan memberi jalan. Kemudian yang kedua adalah diperbolehkan atau tidak, misalnya tempatnya dibenarkan untuk menyalip, tidak ada rambu larangan mendahului atau marka membujur utuh.

Baca juga: Mesin 1.000 cc Turbo Punya Magnite Bawa Keunggulan Nissan GT-R

“Ketiga yaitu perlu atau tidak menyalip truk atau bus. Jika dirasa tidak perlu, enggak usah mendahului,” kata Marcell.

Terakhir yaitu mampu, pastikan kendaraan yang dikendarai mampu mendahului. Agar semakin yakin, bisa menurunkan gigi perseneling agar ada tenaganya dan bisa cepat mendahuluinya. Karena berada di blind spot truk atau bus juga tetap berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com