Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Fitur Nissan Magnite, Mumpuni Sebagai SUV?

Kompas.com - 13/01/2021, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Magnite merupakan sport utility vehicle (SUV) kompak terbaru dari pabrikan asal Jepang, Nissan, yang resmi hadir di pasar Tanah Air jelang akhir tahun lalu.

Diimpor secara langsung dari India, mobil membawa berbagai aspek menarik untuk digunakan sehari-hari pada wilayah perkotaan.

Salah satunya ialah mesin HRAO 1.0 liter Turbo yang sanggup menghasilkan tenaga puncak sebesar 100 Ps dan torsi maksimum 160 Nm.

Mesin ini menggunakan teknologi mirror bore cylinder coating yang juga digunakan Nissan GT-R untuk mengurangi resistensi di dalam mesin, bobot, serta meningkatkan manajemen panas dan pembakaran.

Baca juga: Permintaan India Membludak, Bagaimana Pengiriman Magnite di Indonesia?

Nissan MagniteKOMPAS.com/Ruly Nissan Magnite

Sehingga, hasilnya akselerasi mobil lebih halus disertai konsumsi bahan bakar efisien. Adapun turbo pada Magnite aktif di putaran mesin sekitar 2.200 RPM.

Kemudian, mobil juga memiliki head unit 8 inchi yang terintegrasi Android Auto dan Apple CarPlay. Tapi untuk audionya masih standar pabrikan tanpa ada tambahan lain.

Meski demikian, paling menarik adalah tampilan speedometer digital dengan layar 7 inci TFT yang mengadopsi advance drive assist sampai informasi soal tekanan ban atau tire pressure monitoring (TPMS) layaknya mobil premium.

Baca juga: [VIDEO] Jajal Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT Pertama Kali

First Impression Nissan MagniteKOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Nissan Magnite

"Melalui fitur ini, konsumen bisa memonitor tekanan ban hanya melalui display di dalam speedometer," ujar Nissan Representative Director, Bagus Susanto, Selasa (12/1/2021).

Tak sampai di sana, layar head unit Magnite juga bisa menampakan pandangan sekeliling kendaraan melalui fitur kamera 360 derajat atau around view monitor.

Pada varian tertinggi, Nissan menyematkan fitur cruise control yang bisa diaktifkan melalui tombol di sebelah kanan pengemudi. Tapi, tak ada fitur smart key with remote starter di mobil.

"Sementara di aspek keselamatan ada teknologi pasif maupun aktif. Pertama ada Vehicle Dynamic Control (VDC), di mana teknologi ini biasanya tersedia di kelas mobil premium," kata Bagus.

Baca juga: Pabrik Nissan Tutup, Bagaimana Nasib Livina Selanjutnya?

Nissan MagniteKompas.com/Dio Nissan Magnite

Teknologi ini menjaga kendaraan tetap stabil ketika pengemudi harus melakukan manuver mendadak di kondisi jalanan licin misalnya. Sementara untuk memudahkan berkendara di jalanan curam, ada juga Hill Start Assist (HSA).

Fitur keselamatan lainnya di Nissan Magnite ialah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), serta Traction Control System (TCS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com